Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMANFAATAN PENAMBAHAN BOTTOM ASH SEBAGAI USAHA PERBAIKAN TANAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI KUAT TEKAN BEBAS (Studi Kasus Jalan Munjul – Sindang Resmi, Kab. Pandeglang, Banten)

PRIMOHARDJO, AKBAR IBRAHIM (2019) PEMANFAATAN PENAMBAHAN BOTTOM ASH SEBAGAI USAHA PERBAIKAN TANAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI KUAT TEKAN BEBAS (Studi Kasus Jalan Munjul – Sindang Resmi, Kab. Pandeglang, Banten). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
1 cover-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[img] Text (Abstrak)
2 ABSTRAK.pdf

Download (116kB)

Abstract

Dalam perekayasaan konstruksi bangunan sipil, sering ditemukan lapisan tanah yang memiliki daya dukung rendah, yang sangat mempengaruhi berbagai tahapan rancang-bangun konstuksi, baik dalam tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, maupun tahap operasional dan pemeliharaan. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui permasalahan – permasalahan tanah yang ada di lapangan, serta memberikan upaya untuk memperbaikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi tanah, indeks plastisitas tanah, dan mengetahui pengaruh penambahan limbah Bottom Ash terhadap sifat fisik tanah, serta mengetahui nilai kuat tekan bebas tanah dalam kondisi eksisting dan setelah dicampurkan Bottom Ash. Kadar air benda uji diambil dari hasil pemadatan proctor standar pada tanah asli. Dari hasil pengujian diperoleh, tanah yang distabilisasi dengan Bottom Ash pada variasi 0%, 20%, 30% dan 40% menunjukan adanya peningkatan nilai daya dukung tanah dan penurunan nilai Indeks Plastisitas tanah. Nilai kuat tekan bebas terbesar terdapat pada tanah dengan campuran kadar Bottom Ash sebesar 30% dengan waktu pemeraman selama 28 hari yaitu sebesar 4.857 kg/cm . pemeraman berpengaruh pada nilai kuat tekan karena Bottom Ash memiliki sifat pozzolan yaitu seperti halnya semen membutuhkan waktu untuk memperkuat daya ikatnya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMina, EndenUNSPECIFIED
Thesis advisorKusuma, Rama InderaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Stabilisasi, Bottom Ash, UCT, Sifat Fisik Tanah, Pemadatan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Jul 2024 14:08
Last Modified: 05 Jul 2024 14:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37645

Actions (login required)

View Item View Item