Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PENGEMBANGAN UKM DALAM UPAYA MEMENANGKAN PERSAINGAN (STUDI KASUS UKM BATIK BANTEN MUKARNAS)

ALBANTANI, GALANG RAMADHAN (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN UKM DALAM UPAYA MEMENANGKAN PERSAINGAN (STUDI KASUS UKM BATIK BANTEN MUKARNAS). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Tugas Akhir_Galang Ramadhan Albantani Bebas Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
(Cover-Abstrak) Tugas Akhir_Galang Ramadhan Albantani.pdf

Download (816kB)

Abstract

UKM Batik Banten Mukarnas merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri garmen dengan motif batik. UKM Batik Banten Mukarnas mengalami penurunan omset yang disebabkan karena kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan masih tergolong konvensional sehingga memerlukan strategi pengembangan usaha guna memenangkan persaingan dengan menggunakan metode SWOT, AHP dan Blue Ocean Strategy sebagai alat yang digunakan untuk merencanakan strategi pengembangan usaha untuk memenangkan persaingan. Tahapan awal dalam penelitian ini adalah menentukan faktor internal dan eksternal perusahaan. Tahap kedua adalah pembuatan serta penyebaran kuesioner. Tahap ketiga adalah merekapitulasi hasil dari penyebaran kuesioner serta melakukan pembobotan dengan menggunakan metode AHP yang kemudian hasilnya akan digunakan untuk mendapatkan nilai bobot pada matriks IFAS dan EFAS. Tahap keempat adalah melakukan pengolahan data menggunakan metode SWOT. Tahap kelima adalah melakukan pengolahan data menggunakan metode Blue Ocean Strategy untuk merencanakan strategi yang tepat untuk perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UKM Batik Banten Mukarnas memiliki 10 faktor internal dan 9 faktor eksternal dimana posisi perusahaan UKM Batik Banten Mukarnas berada di kuadran 1 pada diagram analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang perlu diciptakan adalah menawarkan produk kemeja batik dengan motif custom, menawarkan produk dengan ukuran 1 keluarga dan menawarkan jenis produk batik dengan model custom.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiawan, HadiUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, NuraidaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process (AHP), Batik, Blue Ocean Strategy, SWOT Analysis, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Jul 2024 16:01
Last Modified: 02 Jul 2024 16:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37424

Actions (login required)

View Item View Item