Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISA PENGARUH KEMIRINGAN BAFFLES PADA HEAT EXCHANGER TIPE SHELL AND TUBE DENGAN MENGGUNAKAN METODE CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC)

FAJAR, MUHAMAD FIKRI (2022) ANALISA PENGARUH KEMIRINGAN BAFFLES PADA HEAT EXCHANGER TIPE SHELL AND TUBE DENGAN MENGGUNAKAN METODE CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Tugas Akhir_Muhamad Fikri Fajar_3331170037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak (2).pdf

Download (12kB)

Abstract

Heat exchanger adalah sebuah alat yang digunakan untuk memindahkan panas antara dua atau lebih fluida. Heat exchanger dituntut untuk memiliki kinerja yang baik agar dapat diperoleh hasil yang maksimal dalam memindahkan panas serta dapat menunjang terhadap operasi suatu unit, oleh karena itu perancangan yang baik dan benar dalam merancang alat ini sangat diperlukan. Maka, pada proses penelitian ini akan dilakukan pemvariasian sudut kemiringan baffle yaitu dengan variasi sudut kemiringan -10°, -5°, 0°, 5°, dan 10° pada unit shell and tube heat exchanger yang memiliki geometri sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perpindahan panas yang terjadi dari suatu shell and tube heat exchanger dengan berbagai variasi kemiringan baffle degan menggunakan software Solidworks Flow Simulation sehingga didapatkan hasil yang terbaik. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode simulasi dengan menggunakan software Solidworks Flow Simulation. Sebelum melakukan simulasi, terlebih dahulu dibuat perancangan shell and tube heat exchanger menggunakan software Solidworks. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari kelima model shell and tube heat exchanger dengan variasi sudut kemiringan baffle -10°, -5°, 0°, 5°, dan° 10°, nilai efektivitas perpindahan panas tertinggi terdapat pada model shell and tube heat exchanger dengan sudut kemiringan baffle 0° yaitu 86,79%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorCaturwati, Ni KetutUNSPECIFIED
Thesis advisorSudrajat, AgungUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kemiringan baffle, perpindahan panas, shell and tube heat exchanger
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Jul 2024 11:47
Last Modified: 02 Jul 2024 11:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37407

Actions (login required)

View Item View Item