Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGERING KEDELAI DENGAN METODE FLUIDIZED BED DRYER (FBD) UNTUK SKALA LABORATORIUM MENGGUNAKAN ARDUINO UNO SEBAGAI PENGONTROL TEMPERATUR RUANG

SALOMO, SALOMO (2021) PENGERING KEDELAI DENGAN METODE FLUIDIZED BED DRYER (FBD) UNTUK SKALA LABORATORIUM MENGGUNAKAN ARDUINO UNO SEBAGAI PENGONTROL TEMPERATUR RUANG. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Skripsi_Salomo_3331180067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Salomo_3331180067_ABSTRAK Indo.pdf

Download (31kB)

Abstract

Pengering sistem Fluidized Bed Dryer (FBD) adalah pengering yang menggunakan prinsip fluidisasi. Prinsip kerja mesin pengering sistem fluidisasi ini adalah dengan penghembusan udara panas oleh kipas peniup (blower) melalui suatu saluran ke atas bak pengering. Tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah (a) menerapkan sistem kontrol temperatur menggunakan arduino uno pada sistem pengering kedelai menggunakan metode Fluidized Bed Dryer (FBD) dalam skala laboratorium, (b) menentukan kondisi pengeringan terbaik bersadarkan efisiensi thermal terbesar dan waktu pengeringan tercepat untuk mendapatkan kadar air akhir biji kedelai berkisar 11%. Bahan yang dikeringkan adalah biji kedelai varietas anjasmoro sebanyak 176 gram yang sudah direndam air selama 3 hari di dalam kulkas. Kadar air awal biji kedelai sebelum pengeringan adalah sebesar 52%. Pengeringan dilakukan dengan jumlah 6 variasi pengeringan, yaitu dengan temperatur 35 C serta kecepatan udara 4m/s dan 6m/s. Hasil kondisi pengeringan terbaik diperoleh pada pengeringan variasi setting temperatur 55 o o C, 45 o C, dan 55 o C dengan kecepatan udara 6m/s, yaitu dengan efisiensi thermal sebesar 6,17% dengan waktu pengeringan 70 menit untuk kadar air 11,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorCaturwati, Ni KetutUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyudi, HadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fluidized Bed Dryer, Pengeringan, Temperatur
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Jul 2024 11:46
Last Modified: 02 Jul 2024 11:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37404

Actions (login required)

View Item View Item