Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS GEOMETRI DAN PERKERASAN SISI UDARA (STUDI KASUS BANDAR UDARA RADIN INTEN II)

WARIS, ROUFUL (2018) ANALISIS GEOMETRI DAN PERKERASAN SISI UDARA (STUDI KASUS BANDAR UDARA RADIN INTEN II). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FILE 1 (8).pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img] Text (Abstrak)
FILE 2 (6).pdf

Download (89kB)

Abstract

Provinsi lampung merupakan gerbang awal akses masyarakat dari pulau Jawa menuju Sumatera dengan berbagai macam tujuan. Dalam visi kota Bandar Lampung yang tertuang dalam RPJP 2005-2025, disebutkan bahwa Bandar Lampung akan diarahkan sebagai pusat perdagangan dan jasa se-Sumatera bagian selatan. Selain itu provinsi lampung memerlukan dukungan yang baik dari transportasi udara untuk memenuhi kebutuhan embarkasi haji lebih baik lagi. Maka daripada itu bandar udara Radin Inten II direncanakan akan ditingkatkan menjadi bandar udara bertaraf internasional dan diperlukan evaluasi serta pengembangan dari sisi pelayanan fasilitas sisi udara bandar udara Radin Inten II. Boeing 747-400 merupakan pesawat berkapasitas besar yang mampu menjadi alternatif kebutuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan geometri dan perkerasan fasilitas sisi udara bandar udara Radin Inten II terhadap pesawat rencana Boeing 747-400. Analisis yang dilakukan menggunakan metode ICAO untuk evaluasi geometri, sedangkan untuk evaluasi perkerasan menggunakan metode FAA (Federal Aviation Administration) dan CBR (California Bearing Ratio). Hasil evaluasi geometri menunjukkan panjang landasan pacu adalah 3.930 m, lebar landasan pacu yang diperlukan adalah 66 m, panjang landas hubung sebesar 259 m dan lebarnya adalah 60 m dan luas apron yang diperlukan untuk melayani jam sibuk adalah 7.622m . Sedangkan untuk evaluasi tebal perkerasan menunjukkan metode FAA membutuhkan tebal perkerasan sebesar 127 cm dan metode CBR sebesar 107 cm. Sehingga perlu overlay tebal perkerasan karena pada kondisi eksisting yang hanya sebesar 97,5 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPradana, M. FakhrurizaUNSPECIFIED
Thesis advisorIntari, Dwi estiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Geometri, Perkerasan, ICAO, CBR, FAA, Boeing 747-400
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 15:55
Last Modified: 26 Jun 2024 15:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36876

Actions (login required)

View Item View Item