Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Analisis Kelayakan Geometri Fasilitas Sisi Udara (Studi Kasus Bandara Pondok Cabe)

LINAS, HUDAN (2018) Analisis Kelayakan Geometri Fasilitas Sisi Udara (Studi Kasus Bandara Pondok Cabe). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI HUDAN LINAS - Analisis Kelayakan Geometri Fasilitas Sisi Udara (Studi Kasus Bandara Pondok Cabe).pdf
Restricted to Registered users only

Download (45MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi geometrik fasilitas sisi udara pada Bandara Pondok Cabe saat ini, serta menganalisis kelayakan geometrik fasilitas sisi udara bandara terhadap keperluan pesawat rencana yaitu pesawat Boeing 737-800NG. Analisis dilakukan dengan menggunakan standar International Civil Aviation Organization (ICAO) dan Federal Aviation Administration (FAA). Bagian geometrik fasilitas sisi udara yang akan direncanakan diantaranya adalah runway, taxiway, dan apron. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan standar ICAO lebih ekonomis. Hasil analisis berdasar standar ICAO yaitu panjang runway yang dibutuhkan pesawat rencana Boeing 737-800NG senilai 2740 m, sementara panjang runway yang ada saat ini hanya 2126 m. Lebar runway yang dibutuhkan untuk melayani pesawat rencana yaitu 45 m, tidak berbeda dengan nilai panjang runway existing. Dapat disimpulkan bahwa geometrik fasilitas sisi udara Bandara Pondok Cabe belum mampu melayani pesawat rencana. Diperlukan beberapa perubahan dimensi diantaranya perpanjangan runway yang awalnya 2126 m menjadi 2740 m, kemudian panjang clearway dari 51,6 m menjadi 150 m, panjang stopway dari 50 m menjadi 60 m, dan panjang taxiway dari 160 m menjadi 235 m.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorBaehaki, BaehakiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Boeing 737-800NG, Geometrik Fasilitas Sisi Udara, standar International Civil Aviation Organization, standar Federal Aviation Administration.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 15:41
Last Modified: 26 Jun 2024 15:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36873

Actions (login required)

View Item View Item