Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN KAKU DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN CARA PERBAIKANNYA

WICAKSONO, GILANG (2018) EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN KAKU DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN CARA PERBAIKANNYA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Skripsi (cover-lampiran).pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (Abstrak)
Jurnal.pdf

Download (160kB)

Abstract

Jalan Insinyur Sutami merupakan salah satu jalan provinsi yang ada di Kabupaten Tangerang. Peningkatan volume lalu lintas dan beban lalu lintas berulang yang berebihan (overloaded) pada ruas jalan tersebut menyebabkan timbulnya berbagai macam jenis kerusakan dan tingkat kerusakan jalan. Oleh karena itu survei kondisi jalan perlu dilakukan secara periodik baik struktural maupun non struktural untuk mengetahui tingkat pelayanan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi dan menganalisa tingkat kerusakan jalan, yaitu jenis-jenis kerusakan, tingkat nilai kerusakan dengan menggunakan metode pavement condition index (PCI) dan menentukan jenis perbaikan terhadap kerusakan pada perkerasan kaku di jalan Insinyur Sutami Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian didapat jenis-jenis kerusakan yaitu Retak Slab, Kerusakan Pengisi Sambungan, Patahan, Remuk, Retak Memanjang, Retak Melintang, Retak Sudut, Gompal disambungan, dan Tambalan Besar. Nilai pavement condition index (PCI) rata-rata ruas jalan Insinyur Sutami Kabupaten Tangerang adalah 68,13 % yang termasuk dalam kategori Sedang (FAIR). Jenis kerusakan yang paling dominan adalah retak slab dengan total titik kerusakan 61 dan presentase kerusakannya 17,09 %, dan yang terendah lepasnya agregat disudut total titik kerusakan 8 dengan presentase kerusakan 2,28 %. Hasil indentifikasi kerusakan jalan menunjukan bahwa usulan penanganan atau perbaikan terhadap kerusakan yang di gunakan yaitu pemeliharaan jalan sesuai dengan jenis dan tingkat kerusakan jalan baik dengan melakukan perawatan permukaan jalan, penutupan retak, penutupan sambungan, rekontruksi parsial, penambalan di kedalaman, rekontruksi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFathonah, WoelandariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Jenis Kerusakan, Pavement Condition Index, Peningkatan Volume
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 15:41
Last Modified: 26 Jun 2024 15:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36871

Actions (login required)

View Item View Item