Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KINERJA MANAJEMEN PROYEK KONTRAKTOR BESAR (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten)

FAUZIAH, NUZULAN NUR (2019) EVALUASI KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KINERJA MANAJEMEN PROYEK KONTRAKTOR BESAR (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak (14).pdf

Download (350kB)

Abstract

Bendungan Karian merupakan mega proyek provinsi Banten yang terletak di Kabupaten Lebak. Tepatnya di empat kecamatan di kabupaten Lebak meliputi Kecamatan Sajira, Maja, Cimarga, dan Rangkasbitung. Rencana Bendungan Karian ini nantinya akan membendung aliran sungai Ciberang. Bendungan Karian apabila dilihat dalam fungsinya maka bendungan ini berjenis bendungan serbaguna, yaitu pembangunan bendungan tidak hanya bertujuan untuk memperoleh manfaat tunggal, tapi untuk lebih dari satu manfaat seperti : untuk penyedia air irigasi, tenaga listrik, air baku, pengendali banjir, perikanan, rekreasi dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode survey lapangan dengan melakukan pengamatan di lokasi proyek pembangunan Bendungan Karian untuk mengevaluasi kepuasan pelanggan terhadap kinerja manajemen proyek kontraktor besar di bendungan Karian dan penyebaran kuisioner yang digunakan untuk mengukur kinerja manajemen proyek dari sudut pandang tingkat kepuasan dan kepentingan. Selanjutnya dilakukan evaluasi dengan tiga metode yaitu metode customer satisfaction index (CSI), metode analisis gap, dan metode importance performance analysis (IPA). Identifikasi tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan manajemen proyek sebesar 68,64%, berdasarkan analisa CSI termasuk kategori puas. Hasil analisis kesenjangan, nilai total skor gap tertinggi terdapat pada variabel ketepatan waktu penyelesaian proyek (S2) sebesar 84 yang berarti pelanggan merasa sangat tidak puas terhadap kinerja variabel tersebut, dan total skor gap terendah terdapat pada variabel mengutamakan kepentingan pemilik (S30) sebesar 29 yang berarti pelanggan merasa sangat puas terhadap kinerja variabel tersebut. Sementara itu, berdasarkan metode IPA, kesesuaian laporan proyek dengan kondisi aktual di lapangan (S6) menjadi indikator prioritas yang perlu ditingkatkan demi mencapai kepuasan pengguna jasa yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMaddeppungeng, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorIntari, Dwi estiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelanggan, Manajemen proyek, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > TH Building construction
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2024 14:45
Last Modified: 25 Jun 2024 14:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36745

Actions (login required)

View Item View Item