Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PUTARAN BALIK ARAH (U-turn) TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS

KURNIAWAN, AUFIQ (2019) PENGARUH PUTARAN BALIK ARAH (U-turn) TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Skripsi Full+Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

utaran balik arah yang berada pada ruas Jalan Raya Jakarta di Kota Serang berdekatan dengan Terminal Pakupatan dan Lembaga Pendidik. Putaran balik arah merupakan fasilitas untuk kendaraan melakukan gerak putar balik arah. Dengan adanya fasilitas putaran balik arah tentunya akan memberikan dampak pada arus lalu lintas disekitar Jalan Raya Jakarta STA 0+000 pada Universitas Bina Bangsa sampai STA 0+700 pada pintu masuk Terminal Pakupatan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kinerja ruas Jl.Raya Jakarta di Kota Serang akibat adanya U-Turn, serta untuk mengetahui waktu manuver kendaraan dan kecepatan rata-rata pada ruas jalan tersebut. Analisis penelitian ini menggunakan metode PKJI 2014 dan dilakukan selama dua hari pada jam puncak, yaitu pagi pada pukul 06.00 – 09.00 WIB, siang pada pukul 11.00 – 13.00 WIB dan sore pada pukul 16.00 – 19.00 WIB. Kinerja ruas Jl. Raya Jakarta di Kota Serang saat ini memiliki tingkat pelayanan E dengan nilai derajat kejenuhan 0,71 (volume 4948,45 skr/jam dan kapasitas 7004,61 skr/jam) disertai antrian pada fasilitas putaran balik arah dengan rata-rata kecepatan waktu tempuh kendaraan dari arah Serang ke Jakarta sebesar 34,17 Km/jam dan arah Jakarta ke Serang sebesar 31,75 Km/jam. Fasilitas putaran balik arah yang berada pada Jl.Raya Jakarta STA 0+475 berpengaruh terhadap keadaan arus lalu lintas sekitar, karena saat fasilitas putaran balik arah diabaikan nilai tingkat pelayan menjadi D dengan nilai derajat kejenuhan berubah sebesar 0,6 (volume 4570,35) hal ini menunjukan adanya penurunan pada jumlah volume lalu lintas kendaraan dan meningkatnya kecepatan rata-rata sebesar 8% menjadi 45,25 Km/jam untuk arah Serang ke Jakarta dan arah Jakarta ke Serang menjadi 44,3 Km/jam

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorBaehaki, BaehakiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: U-Turn, Derajat Kejenuhan, Durasi, Kinerja, Kecepatan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2024 10:41
Last Modified: 25 Jun 2024 10:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36732

Actions (login required)

View Item View Item