Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KARAKTERISTIK DAN BIAYA KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN TOL SELAMA MUDIK LEBARAN PERIODE TAHUN 2014 - 2018 (Studi Kasus: Tol Tangerang – Merak KM 31 – KM 98)

MARYANA, INA (2019) ANALISIS KARAKTERISTIK DAN BIAYA KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN TOL SELAMA MUDIK LEBARAN PERIODE TAHUN 2014 - 2018 (Studi Kasus: Tol Tangerang – Merak KM 31 – KM 98). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
VINA MARYANA (3336150021).pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img] Text (Abstrak)
VINA MARYANA (3336150021) 2.pdf

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang daerah rawan kecelakaan lalu lintas jalan Tol Tangerang – Merak yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan biaya kecelakaan lalu lintas, mengetahui segmen daerah rawan kecelakaan, dan upaya penanganan pada lokasi rawan kecelakaan yang dapat dilakukan pada ruas jalan tol Tangerang – Merak. Data primer dalam penelitian ini merupakan pembagian segmen sepanjang ruas jalan Tol Tangerang – Merak (KM 31 – KM 98). Data sekunder yang digunakan meliputi data kecelakaan lalu lintas tahun 2014 – 2018 dan peta jaringan jalan Tol. Metode analisis kecelakaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode AEK, UCL, Z-SCORE dan untuk metode analisis biaya kecelakaan lalu lintas yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode The Gross Output (Human Capital). Hasil penelitian menunjukan karakteristik kecelakaan berdasarkan tahun yaitu tahun 2017 sebanyak 52 kecelakaan, kecelakaan berdasarkan waktu yaitu pada waktu terang (06.00 – 18.00) sebanyak 127 kecelakaan, berdasarkan karakteristik korban kecelakaan yaitu korban meninggal sebanyak 10 orang, korban Luka Ringan sebanyak 130, korban luka berat sebanyak 72 dan kerugian materil sebanyak 130 korban, berdasarkan tipe kecelakaan yang sering terjadi yaitu kecelakaan tunggal sebanyak 165 kecelakaan, berdasarkan jenis kendaraan yang sering terjadi kecelakaan yaitu mini bus sebanyak 261 kecelakaan, dan berdasarkan faktor kecelakaan yang sering terjadi disebabkan oleh faktor manusia sebanyak 146 kecelakaan. Perhitungan dengan menggunkan metode AEK dan UCL daerah rawan kecelakaan terletak pada segmen 3 dan segmen 5 dengan nilai AEK pada segmen 3 sebesar 187, nilai UCL sebear 167,677 dan pada segmen 5 dengan nilai AEK sebesar 179, nilai UCL sebear 167,078, metode Z-Score segmen 3 dan segmen 4 merupakan daerah rawan kecelakaan dengan nilai Z-Score pada segmen 3 sebesar 1,299 dan pada segmen 4 dengan nilai Z-Score pada sebesar 1,017, dan untuk total besaran biaya kecelakaan lalu lintas selama 5 tahun saat mudik lebaran yaitu Rp 6.981.730.899.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorSetiawati, Dwi NoviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, AEK, UCL, Z-Score, The Gross Output (Human Capital).
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jun 2024 15:40
Last Modified: 24 Jun 2024 15:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36682

Actions (login required)

View Item View Item