Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI KINERJA PELAYANAN GERBANG TOL DENGAN MENGGUNAKAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (e-Toll) PADA GERBANG TOL BALARAJA BARAT

TUMANGGOR, NADIA LESTARI (2019) EVALUASI KINERJA PELAYANAN GERBANG TOL DENGAN MENGGUNAKAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (e-Toll) PADA GERBANG TOL BALARAJA BARAT. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FILE 1 _ EVALUASI KINERJA PELAYANAN GERBANG TOL DENGAN MENGGUNAKAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (e-Toll) PADA GERBANG TOL BALARAJA BARAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
FILE 2_EVALUASI KINERJA PELAYANAN GERBANG TOL DENGAN MENGGUNAKAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (e-Toll) PADA GERBANG TOL BALARAJA BARAT.pdf

Download (23MB)

Abstract

Jalan tol adalah jalan umum kepada pemakainya dikenakan kewajiban membayar tol dan merupakan jalan alternatif lintas jalan umum. Target yang menjadi sasaran pelayanan jasa jalan tol terhadap pemakai jasa adalah kelancaran, keamanan dan kenyamanan. Pada gerbang tol sering terjadi kemacetan yang umumnya disebabkan oleh faktor internal yaitu saldo tidak cukup, kerusakan mesin e-Toll, dan pengguna jalan yang tidak tertib. Dalam penelitian ini evaluasi lebih difokuskan pada pelayanan gerbang tol dengan menggunakan transaksi elektronik (e-Toll). Penelitian gerbang tol Balaraja Barat ini bertujuan untuk mengetahui waktu pelayanan Gerbang Tol Balaraja Barat dengan menggunakan transaksi elektronik (e-Toll) yang berpedoman pada ketetapan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 16/ PRT/ M/ 2014 tentang Standar Pelayanan Minimum Jalan Tol dan penelitian ini menggunakan metode FIFO untuk mengetahui panjang antrian. Hasil dari penelitian didapatkan waktu pelayanan rata-rata gerbang tol Balaraja Barat pintu keluar 5,99 detik dan pintu masuk 4,94 detik. Waktu pelayanan tersebut tidak sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) Jalan Tol tahun 2014. Maka panjang antrian yang terjadi pada gerbang tol balaraja barat dengan menggunakan metode antrian First In First Out (FIFO) pada waktu pelayanan 6 detik sampai 13 detik, 14 detik sampai 15 detik dan 16 detik secara berturut-turut sebanyak 1 kendaraan, 2 kendaraan dan 3 kendaraan. Pintu masuk dengan waktu pelayanan 5 detik sampai 9 detik, 10 detik, 11 detik dan 12 detik secara berturut-turut sebanyak 1 kendaraan, 2 kendaraan, 3 kendaraan dan 4 kendaraan. Solusi mengurangi waktu pelayanan pada gerbang tol Balaraja Barat adalah menggunakan kebijakan penambahan satu gardu tol dengan sistem gardu buka tutup pada jam kepadatan lalu lintas tertentu dan waktu pelayanan rata-rata didapatkan yaitu 5,24 detik untuk pintu keluar dan 4,19 detik untuk pintu masuk. Waktu pelayanan tersebut sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) tahun 2014.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorBaehaki, BaehakiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gerbang Tol, Waktu Pelayanan , Standar Pelayanan Minimum Jalan Tol
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jun 2024 14:32
Last Modified: 24 Jun 2024 14:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36655

Actions (login required)

View Item View Item