Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS GERBANG TOL CIUJUNG BANTEN TERHADAP SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL

FITRIYAH, PIPIT (2019) ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS GERBANG TOL CIUJUNG BANTEN TERHADAP SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FILE 1_ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS GERBANG TOL CIUJUNG BANTEN TERHADAP SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)
[img] Text (Abstrak)
FILE 1_ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS GERBANG TOL CIUJUNG BANTEN TERHADAP SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL (1).pdf

Download (30MB)

Abstract

Pertumbuhan volume lalu lintas di Kabupaten Serang terus meningkat dengan pesat akibat dari pertumbuhan dan perkembangan kota serta laju pertambahan kepemilikan kendaraan. Selain itu adanya pabrik juga mempengaruhi kondisi lalu lintas jalan di sekitar simpang pada jam-jam sibuk. Salah satu dampaknya adalah terjadinya kemacetan pada simpang akses Gerbang Tol Ciujung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas gerbang tol terhadap kinerja simpang serta memberikan alternatif permasalahan yang terjadi, yang di tunjukan dengan nilai derajat kejenuhan, kapasitas, tundaan, dan peluang antrian. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari pengambilan data lalu lintas dan pengukuran geometrik simpang dan data pendukung yang digunakan yaitu data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018. Analisis data dalam penelitian berdasar pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas gerbang tol mempengaruhi kinerja simpang, sehingga simpang mengalami kejenuhan dengan nilai derajat kejenuhan (DJ) sebesar 1,08 (berdasarkan PKJI 2014 kurang dari 0,85). Simpang ini memiliki tundaan sebesar 23,85 det/skr. Peluang antrian yang terjadi pada simpang ini yaitu 59,41%-94,54 % dan tingkat pelayanan simpang masuk kategori F. untuk meningkatkan pelayanan simpang dapat di lakukan perbaikan dengan Alternatif pertama Pelebaran Geometrik, Alternatif Kedua pemberian Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL), serta Kombinasi antara perubahan geometrik dan pemberian APILL. Berdasarkan hasil perhitungan dapat dipilih alternatif ketiga yaitu kombinasi perubahan geometrik jalan dan pemberian APILL dengan nilai derajat kejenuhan (Dj) pada lengan A sebesar 0,62 pada lengan B 0,60 dan pada lengan C sebesar 0,62.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorBaehaki, BaehakiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Derajat Kejenuhan, Peluang Antrian, Tundaan, Simpang Tidak Bersinyal
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jun 2024 14:32
Last Modified: 24 Jun 2024 14:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36654

Actions (login required)

View Item View Item