Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

AKUISISI DATA UNTUK PEMERIKSAAN CACAT LUBANG PADA BAJA DENGAN METODE CONTINUOUS WAVELET TRANSFORM

HIDAYAH, HENDI AFRIYAN PUTRA (2018) AKUISISI DATA UNTUK PEMERIKSAAN CACAT LUBANG PADA BAJA DENGAN METODE CONTINUOUS WAVELET TRANSFORM. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
HENDI AFRIYAN_3332132261_TEKNIKELEKTRO (1).rar
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

NDT UT (Non Destructive Testing Ultrasonic) berperan penting dalam pengujian struktur pada baja untuk mengetahui kondisi kerusakan berupa cacat lubang akibat korosi dan penggunaan baja dalam jangka waktu yang lama. Akuisisi data pada peralatan NDT UT digunakan untuk pengambilan dan pengolahan sinyal sehingga membantu dalam menganalisis pencarian cacat lubang pada baja dan mengetahui lokasi cacat lubang pada baja. Sinyal generator pulsa berfungsi sebagai masukkan sinyal ke transducer ultrasonik dengan parameter amplitudo sebesar 60 Volt, PRF sebesar 1 kHz, dan lebar pulsa sebesar 1 µs. Low noise amplifier dengan penguatan mencapai 28 dB berfungsi sebagai penerima sinyal dari transducer ultrasonik. Sinyal keluaran transducer ultrasonik diakuisisi dan diproses dengan CWT untuk mendapatkan nilai coeffiecient approximation. Hasil pencarian lokasi cacat lubang berdasarkan perubahan gelombang initial pulse dan echo. Indikasi adanya cacat lubang ditandai adanya gelombang defect reflection wave. Pencarian lokasi cacat lubang yang terletak didalam baja terindentifikasi pada kedalaman ratarata 0,79 cm dengan persentase kesalahan sebesar 0,244 persen.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWiryadinata, RomiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NDT UT, Continuous Wavelet Transform, Akuisisi data, Cacat lubang, Initial pulse, echo, dan Defect reflection wave
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Jun 2024 09:56
Last Modified: 21 Jun 2024 09:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36519

Actions (login required)

View Item View Item