Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SIMULASI PEMULIHAN GANGGUAN VOLTAGE DIP MENGGUNAKAN DYNAMIC VOLTAGE RESTORER DI JARINGAN 20 kV PT. KRAKATAU DAYA LISTRIK

PRATAMA, SETIAWAN ANDRI (2018) SIMULASI PEMULIHAN GANGGUAN VOLTAGE DIP MENGGUNAKAN DYNAMIC VOLTAGE RESTORER DI JARINGAN 20 kV PT. KRAKATAU DAYA LISTRIK. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SETIAWAN ANDRI PRATAMA - 3332131848 - SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
SETIAWAN ANDRI PRATAMA - 3332131848 - ABSTRAK.pdf

Download (88kB)

Abstract

Kualitas daya yang baik beberapa persyaratannya adalah daya yang memiliki tegangan dengan nilai mendekati 1 pu, faktor daya yang mendekati 1, dan dengan toleransi frekuensi tidak lebih dari 0,6 Hz. Akan tetapi, dalam kenyataanya sistem distribusi tenaga listrik banyak mengalami gangguan yang berpengaruh secara signifikan pada kualitas daya. Gangguan tersebut dapat berupa jatuh tegangan dan voltage dip. Salah satu cara pemulihan gangguan voltage dip adalah dengan memanfaatkan teknologi elektronika daya sebagai kompensatornya, yaitu dengan menggunakan Dynamic Voltage Restorer (DVR). Dalam penelitian ini, dilakukan dengan mendisain DVR untuk menangani masalah voltage dip. Penelitian ini dilakukan di saluran feeder AK 13 20 kV sistem distribusi PT. Krakatau Daya Listrik dengan beban aktif 3,18 MW dan reaktif 1,35 MVAR. Simulasi pemulihan gangguan voltage dip dilakukan dengan dua percobaan, yaitu saat sistem mengalami voltage dip tiga fasa simetris dan voltage dip tiga fasa tidak simetris. Pada kedua percobaan tersebut, tegangan beban yang mengalami voltage dip dapat dipulihkan kembali oleh DVR menjadi normal dengan besar 1 pu atau mendekati.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorOtong, MuhamadUNSPECIFIED
Thesis advisorMartiningsih, WahyuniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Daya, Voltage Dip, Dynamic Voltage Restorer
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Jun 2024 10:21
Last Modified: 20 Jun 2024 10:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36444

Actions (login required)

View Item View Item