Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROSES PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI SDN CIOMAS 2

Eha, Eha (2024) PROSES PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI SDN CIOMAS 2. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Eha_2227180034_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Eha_2227180034_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Eha_2227180034_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Eha_2227180034_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Eha_2227180034_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Eha_2227180034_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Eha_2227180034_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Eha_2227180034_06.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Eha_2227180034_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Eha_2227180034_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The scientific approach is an approach that is able to stimulate from several references, which explains that this approach has quite a high impact, therefore this research will explore information regarding: 1) Learning planning using a scientific approach, 2) Implementation of learning using a scientific approach , 3) Students' creativity after participating in learning using a scientific approach. The method used in this research is descriptive qualitative using data collection techniques through interviews with the Principal, Class IV Teacher, Class V Teacher, Class VI Teacher and Students, observations regarding scientific learning activities carried out on Class IV Teachers, Class V Teachers, Class VI teachers and students, and documentation on learning activities or learning outcomes. The results of this research are: 1) The teacher prepares a lesson plan that contains complete components and this lesson plan can be identified using a scientific approach because it contains a description of the teacher's instructions asking students to carry out 5M activities. 2) Implementation of learning using a scientific approach regarding aspects of observing the surrounding environment and observing pictures in students' books, questioning activities by carrying out question and answer activities during learning activities, students trying to make handicrafts, students' reasoning activities analyzing the steps making handicrafts, and communicating activities carried out by presenting the results of their assignments in front of the class. 3) Students in grades IV, V, and VI are able to think critically, protect the surrounding environment by doing clean Fridays, making crafts from green bean seeds, being able to ask questions and convey opinions.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSari Dewi, Ratna198105052005012002
Thesis advisorAdya Pribadi, Reksa201602012108
Additional Information: Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang mampu menstimulus dari beberapa referensi, yang menjelaskan bahwa dalam pendekatan ini memiliki dampak yang cukup tinggi, oleh karena itu penelitian ini akan menggali informasi mengenai: 1) Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, 3) Kreativitas peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara Kepala Sekolah, Guru kelas IV, Guru kelas V, Guru kelas VI dan Peserta Didik, observasi mengenai kegiatan pembelajaran saintifik yang dilakukan pada Guru kelas IV, Guru kelas V, Guru kelas VI dan Peserta Didik, dan dokumentasi pada kegiatan pembelajaran atau hasil belajar. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Guru menyusu RPP yang bermuatan komponen-komponen lengkap dan RPP ini dapat diidentifikasi dengan menggunakan pendekatan saintifik karena di dalamnya terdapat gambaran isntruksi guru yang meminta peserta didik dalam melakukan kegiatan 5M. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik mengenai aspek mengamati lingkungan sekitar dan mengamati gambar yang ada pada buku siswa, kegiatan menanya dengan melakukan kegiatan tanya jawab pada saat kegiatan pembelajaran, kegiatan mencoba peserta didik melakukan pembuatan kerajinan tangan, kegiatan menalar peserta didik menganalisis langkah-langkah pembuatan kerajinan tangan, dan kegiatan mengkomunikasikan dilakukan dengan mempersentasikan hasil tugasnya di depan kelas. 3) Peserta didik kelas IV, V, dan VI mampu berpikir kritis, menjaga lingkungan sekitar dengan melakukan jumat bersih, membuat kerajinan dari biji kacang hijau, dapat mengajukan pertanyaan, dan menyampaikan pendapat.
Uncontrolled Keywords: Student Creativity, Scientific Approach, Learning Implementation Plan (RPP) Kreativitas Peserta Didik, Pendekatan Saintifik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eha Eha Eha
Date Deposited: 03 Jul 2024 11:38
Last Modified: 03 Jul 2024 11:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36182

Actions (login required)

View Item View Item