Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN RAWA BUAYA, KECAMATAN CENGKARENG, KOTA JAKARTA BARAT

SUSILOWATI, NUR (2023) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN RAWA BUAYA, KECAMATAN CENGKARENG, KOTA JAKARTA BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
NUR SUSILOWATI_2221170008_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
NUR SUSILOWATI_2221170008_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
NUR SUSILOWATI_2221170008_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
NUR SUSILOWATI_2221170008_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
NUR SUSILOWATI_2221170008_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
NUR SUSILOWATI_2221170008_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
NUR SUSILOWATI_2221170008_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
NUR SUSILOWATI_2221170008_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)

Abstract

The purpose of writing this thesis is to (1) Community participation in PKH in Rawa Buaya Village, Cengkareng District, West Jakarta City (2) Achievement of PKH success in Rawa Buaya Village, Cengkareng District, West Jakarta City (3) Factors that influence community participation in PKH in Rawa Buaya Village, Cengkareng District, West Jakarta City. The approach and method used in this research is a qualitative approach and descriptive method, the data sources used are secondary data sources and primary data sources, secondary data sources are data from several developments of PKH KPMs both written and direct, articles and research�research on community participation in PKH is similar and the primary data source is data obtained from interviews with 12 members and heads of the KPM PKH group, 2 PKH assistants. The data collection techniques for this research are observation, interviews and documentation studies. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and data verification. The results of this research show that (1) Community participation in PKH is really carried out maximally by KPM, direct involvement of KPM in implementing PKH has been very well achieved, as well as (2) PKH success achievements from PKH success indicators are really very influential on the lives of PKH KPMs and achieved optimally, then (3) the factors that influence community participation, both from internal and external factors, appear to be very influential for KPMs in carrying out the family hope program and it has been running well in accordance with the existing conditions. This can be seen from the KPM opening a small business or trading from the proceeds of PKH money and their business can develop well and the money from their business can be used as well as possible. Apart from that, the PKH KPMs are very aware of the importance of following the rules of the Ministry of Social Affairs in carrying out PKH which is assisted by PKH assistants and the PKH KPMs also apply the lessons learned from the PKH facilitators.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHANAFI, M. SYADELI195608201985031002
Thesis advisorSIREGAR, HERLINA0422058801
Additional Information: Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk (1) Partisipasi masyarakat dalam PKH di Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat (2) Capaian keberhasilan PKH di Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam PKH di Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat. Pendekatan dan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatitf dan metode deskriptif, sumber data yang digunakan yaitu sumber data sekunder dan sumber data primer, sumber data sekunder merupakan data beberapa hasil perkembangan para KPM PKH baik tertulis maupun langsung, artikel-artikel dan penelitian�penelitian partisipasi masyarakat dalam PKH yang serupa dan sumber data primer merupakan data yang diperoleh dari wawancara dengan 12 orang anggota dan ketua kelompok KPM PKH, 2 orang pendamping PKH. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Partisipasi masyarakat dalam PKH benar-benar dilaksakan dengan makimal oleh para KPM, keterlibatan langsung KPM dalam menjalankan PKH sudah sangat tercapai dengan baik, begitupun (2) Capaian keberhasilan PKH dari indikator keberhasilan PKH benar-benar sangat berpengaruh terhadap kehidupan para KPM PKH dan tercapai secara maksimal, selanjutnya (3) faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat baik dari faktor internal dan eksternal terlihat sangat berpengaruh bagi para KPM dalam menjalankan program keluarga harapan dan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan keadaan yang ada. Hal ini dilihat dari para KPM membuka usaha kecil atau berdagang dari hasil bantuan uang PKH dan usahanya dapat berkembang dengan baik dan uang hasil usahanya dapat di pergunakan dengan sebaik-baiknya. Selain itu juga para KPM PKH sudah sangat menyadari tentang pentingnya mengikuti aturan-aturan dari kemensos dalam menjalankan PKH yang dibantu oleh para pendamping PKH dan para KPM PKH juga menerapkan pembelajaran yang didapatkan dari para pendamping PKH.
Uncontrolled Keywords: Community Participation, PKH Success, and PKH KPM Partisipasi Masyarakat, Keberhasilan PKH, danKPM PKH
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: NUR SUSILOWATI
Date Deposited: 24 Jun 2024 10:56
Last Modified: 24 Jun 2024 10:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36039

Actions (login required)

View Item View Item