Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Konsumen Mini Market Anugerah Mart Rangkasbitung)

Rahmat Alamsyah, Fajar (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Konsumen Mini Market Anugerah Mart Rangkasbitung). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
FAJAR RAHMAT ALAMSYAH_5554170045_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
FAJAR RAHMAT ALAMSYAH_5554170045_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text
FAJAR RAHMAT ALAMSYAH_5554170045_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
FAJAR RAHMAT ALAMSYAH_5554170045_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
FAJAR RAHMAT ALAMSYAH_5554170045_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
FAJAR RAHMAT ALAMSYAH_5554170045_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
FAJAR RAHMAT ALAMSYAH_5554170045_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
FAJAR RAHMAT ALAMSYAH_5554170045_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The Effect of Service Quality and Price on Consumer Satisfaction in an Islamic Economic Perspective (Case Study of Anugerah Mart Rangkasbitung Mini Market Consumers) is title skripsi from Fajar Rahmat Alamsyah (5554170045), a student at Sultan Ageng Tirtayasa University, Faculty of Economics and Business, Department of Sharia Economics (Sharia Business) under the guidance of Prof. Dr. Moh. Mukhsin, SE., MM as supervisor I and Isti Nuzulul Atiah, Lc., MA., Ek as supervisor II. The purpose of this research is to find out whether service quality influences consumer satisfaction, to find out whether price influences consumer satisfaction and to find out whether service quality and price influence consumer satisfaction at Anugerah Mart Rangkasbitung. This research includes associative research with a quantitative approach. The type of data used is primary data with the data source coming from a questionnaires. The sampling technique in this research used a purposive sampling technique with a total research sample of 98 respondents from Anugerah Mart Rangkasbitung Minimarket Consumers. The data processing techniques use validity tests, reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, partial tests (T tests), simultaneous tests (F tests) and coefficient of determination tests (R2) with the help of IBM SPSS 25 Statistics. Based on the results of the analysis using IBM SPSS 25 software, it is known that the influence of service quality and price on consumer satisfaction uses the multiple regression equation Y = 6.429 + 0.463X1 + 0.359X2 + e. Meanwhile, the results of the T test show that the service quality variable has a positive and significant influence on consumer satisfaction and the price variable has a positive and significant influence on consumer satisfaction. Meanwhile, from the results of the F test it is known that Fcalculate > Ftable (32.307 > 3.09), this shows that the service quality and price variables together (simultaneously) have a significant effect on the consumer satisfaction variable.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMUKHSIN, MOH.196806142007011001
Thesis advisorATIAH, ISTI NUZULUL198805022018032001
Additional Information: Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Konsumen Mini Market Anugerah Mart Rangkasbitung) adalah judul skripsi dari Fajar Rahmat Alamsyah (5554170045), mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Ekonomi Syariah (Bisnis Syariah) di bawah bimbingan Prof. Dr. Moh. Mukhsin, SE., MM selaku pembimbing I dan Isti Nuzulul Atiah, Lc., MA., Ek selaku pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, untuk mengetahui apakah harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen serta untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Mini Market Anugerah Mart Rangkasbitung. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan ialah data primer dengan sumber data berasal dari kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 98 responden pada Konsumen Minimarket Anugerah Mart Rangkasbitung. Adapun teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji T), uji simultan (Uji F) dan uji koefesien determinasi (R2) dengan bantuan IBM Statistik SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 25, diketahui bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen menggunakan persamaan regresi berganda Y = 6,429 + 0,463X1 + 0,359X2 + e. Adapun, hasil pengujian uji T menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen serta variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sementara itu, dari hasil uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (32,307 > 3,09), hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.
Uncontrolled Keywords: Service quality, price, consumer satisfaction. Kualitas pelayanan, Harga, Kepuasan konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Sarjana Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Fajar Rahmat Alamsyah
Date Deposited: 27 May 2024 14:26
Last Modified: 30 May 2024 14:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/35572

Actions (login required)

View Item View Item