DINA RAYA, ESI (2017) EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 MODEL TEMATIK INTEGRATIF DAN PENILAIAN AUTENTIK SISWA KELAS IV SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN CIPOCOK JAYA 1 KECAMATAN CIPOCOK JAYA KOTA SERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Tesis)
EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 MODEL TEMATIK INTEGRATIF DAN PENILAIAN AUTENTIK SISWA KELAS IV SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN CIPOCOK JAYA 1 KECAMATAN CIPOCOK JAYA KOTA SERANG.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Esi Dina Raya. 2321120293. Evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 model tematik integrative dan penilaian autentik siswa kelas IV sebagai upaya perbaikan mutu pendidikan. Tesis Program Studi Teknologi pembelajaran. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2014 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran tematik integrative dan penilaian autentik siswa dalam implementasi kurikulum 2013 sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipocok Jaya 1 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif berdasarkan data informan yang terdiri dari guru, siswa, kepala sekolah serta praktisi pendidikan yang mendukung. Data yang diperoleh lainya adalah pengamatan dalam proses pembelajaran, model pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Berdasarkan analisis data, penelitian sebagai berikut : (a) model tematik integrative dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu pada perencanaan pelaksanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran telah mampu melaksanakan perencanaan, pembelajaran dan evaluasi walaupun masih ada kendala yang dihadapi seperti jumlah murid yang melebihi batas ideal didalam kelas, sumber belajar yang minim dan pelatihan guru tentang kurikulum masih harus terus dilakukan. (b) pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan model pembelajaran tematik terpadu, pendekatan saintifik dan penilaian autentik. (c) penilaian autentik siswa dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu melakukan pengamatan, menanya, bereksperimen, menalar, dan komunikasi.membuat siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. (d) Upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan SDN Cipocok Jaya 1 Kota serang yaitu pengembangan dan implementasi kurikulum 2013, peningkatan sumber daya guru melalui pelatihan, peningkatan pengadaan sarana dan prasarana, meningkatkan kesejahteraan guru dan pemberdayaan organisasi pembinaan profesionalisme. Kata kunci : evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013, tematik integrative, penilaian, perbaikan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRAK Esi Dina Raya. 2321120293. Evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 model tematik integrative dan penilaian autentik siswa kelas IV sebagai upaya perbaikan mutu pendidikan. Tesis Program Studi Teknologi pembelajaran. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2014 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran tematik integrative dan penilaian autentik siswa dalam implementasi kurikulum 2013 sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipocok Jaya 1 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif berdasarkan data informan yang terdiri dari guru, siswa, kepala sekolah serta praktisi pendidikan yang mendukung. Data yang diperoleh lainya adalah pengamatan dalam proses pembelajaran, model pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Berdasarkan analisis data, penelitian sebagai berikut : (a) model tematik integrative dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu pada perencanaan pelaksanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran telah mampu melaksanakan perencanaan, pembelajaran dan evaluasi walaupun masih ada kendala yang dihadapi seperti jumlah murid yang melebihi batas ideal didalam kelas, sumber belajar yang minim dan pelatihan guru tentang kurikulum masih harus terus dilakukan. (b) pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan model pembelajaran tematik terpadu, pendekatan saintifik dan penilaian autentik. (c) penilaian autentik siswa dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu melakukan pengamatan, menanya, bereksperimen, menalar, dan komunikasi.membuat siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. (d) Upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan SDN Cipocok Jaya 1 Kota serang yaitu pengembangan dan implementasi kurikulum 2013, peningkatan sumber daya guru melalui pelatihan, peningkatan pengadaan sarana dan prasarana, meningkatkan kesejahteraan guru dan pemberdayaan organisasi pembinaan profesionalisme. Kata kunci : evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013, tematik integrative, penilaian, perbaikan mutu pendidikan. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 05:23 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 05:23 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3557 |
Actions (login required)
View Item |