Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KEMANG CAFE & RESTO DI KABUPATEN SERANG

Latifah, Latifah (2024) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KEMANG CAFE & RESTO DI KABUPATEN SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Latifah_4441200001_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (01 (isi Cover s.d BAB 1-tambah dapus))
Latifah_4441200001_01 (isi Cover s.d BAB 1-tambah dapus).pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (02 (isi BAB II))
Latifah_4441200001_02 (isi BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (03 (isi BAB III))
Latifah_4441200001_03 (isi BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (04 (isi BAB IV))
Latifah_4441200001_04 (isi BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (05 (isi BAB V))
Latifah_4441200001_05 (isi BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text (Lamp (isi lampiran))
Latifah_4441200001_Lamp (isi Lampiran).pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img] Text (Ref (isi daftar pustaka))
Latifah_4441200001_Ref (isi Daftar Pustaka).pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

The business sector in modern times like today is increasingly moving and developing very rapidly, as is the case with businesses in the culinary or food sector, one of which is the cafe business. The large number of new businesses being run in the cafe sector has led to increasingly high business competition. The high level of competition forces business people to be able to survive in the intense competition of similar businesses, so it is necessary to pay attention to matters regarding consumer satisfaction. one of them is Kemang Cafe & Resto which is located on Jalan Raya Mancak, Angsana Village, Mancak District, Serang Regency, Banten. This research aims to determine the influence of service quality, product quality and price on consumer satisfaction at Kemang Cafe & Resto simultaneously and partially. Results of the characteristics of Kemang Cafe & Resto respondents. Most of them are female, aged 17-22 years, and work as students. The coefficient of determination (R²) shows that the independent variables tested are able to explain 90.1% of consumer satisfaction at Kemang Cafe & Resto, while the remaining 0.99% is explained by other variables not studied. The results of the F test state that together the independent variables (service quality, product quality and price) have a significant influence on the dependent variable, namely consumer satisfaction at Kemang Cafe & Resto. The t test states that individually the dependent variables (service quality, product quality and price) have a significant influence on the dependent variable, namely consumer satisfaction at kemang Cafe & Resto.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSupriyo Wibowo, Aris196307272006041001
Thesis advisorGunawan, Gugun19621110200121001
Additional Information: Perkembangan jumlah kafe dan resto di Kabupaten Serang dari tahun ke tahun terus meningkat. Peningkatan tersebut mengharuskan pelaku bisnis untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik, menawarkan produk yang berkualitas serta harga yang tepat agar dapat bersaing dan bertahan. Kemang Cafe & Resto merupakan salah satu kafe di Kabupaten Serang yang mampu bertahan di tengah pesaingan kafe sejenis. Berdasarkan studi pendahuluan pemilik Kemang Cafe & Resto, diketahui bahwa jumlah pengunjung dan hasil penjualan setiap bulannya dirasakan berfluktuasi. Terjadinya fluktuasi tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pihak manajemen untuk bisa mempengaruhi konsumen supaya datang dan melakukan pembelian di Kemang Cafe & Resto. Kepuasan konsumen menjadi aspek penting dalam upaya mempertahankan konsumen agar tetap datang dan melakukan pembelian ulang di Kemang Cafe & Resto. Mengukur tingkat kepuasan konsumen perlu dilakukan oleh pemilik usaha, hasil pengukuran kepuasan dapat dijadikan sebagai rujukan untuk mengetahui aspek apa saja dari kualitas pelayanan, kualitas produk maupun harga yang membuat konsumen tidak puas. Hasil pengukuran tingkat kepuasan konsumen dapat dijadikan evaluasi dalam mempertahankan dan meningkatkan konsumen yang datang ke Kemang Cafe & Resto. Meningkatkan kualitas pelayanan, memberikan meningkatkan mutu produk dan harga yang sesuai merupakan strategi yang dapat dilakukan pemilik usaha untuk meningkatkan kepuasan konsumen Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen Kemang Cafe & Resto secara simultan dan parsial. Tempat penelitian dipilih secara sengaja (Purposive) di Kemang Cafe & Resto yang berlokasi di Jalan Raya Mancak, Desa Angsana, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Banten. Metode yang digunakan adalah metode survei berupa kuesioner kepada konsumen dengan menggunakan skala Likert untuk skala pengukuran. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 40 sampel. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Data dianalisis dengan bantuan software IBM SPSS Statistics versi 23. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden Kemang Cafe & Resto Sebagian besar berjenis kelamin perempuan, berusia 17-22 tahun, dan memiliki pekerjaan sebagai pelajar atau mahasiswa. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa variabel independen yang diuji mampu menjelaskan sebesar 90,1% dari kepuasan konsumen di Kemang Cafe & Resto, sementara sisanya sebesar 0,99% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Pada penelitian ini hasil uji F sebesar 109.814 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yang signifikan pada tingkat kepercayaan 99% atau alpha 1%, hal ini lebih tinggi dari 95% yang digunakan sebagai acuan, artinya secara simultan, terdapat pengaruh yang nyata dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen di Kemang Cafe & Resto. Selanjutnya hasil uji T untuk (X1) memiliki nilai T hitung sebesar 10,987 > T tabel 2,028, artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. (X2) memiliki nilai T hitung sebesar 9,290 > T tabel 2,028, artinya kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. (X3) memiliki nilai T hitung sebesar 2,992 > T tabel 2,028, artinya harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.
Uncontrolled Keywords: cafes and restaurants, consumer satisfaction, service quality, product quality, and price.
Subjects: Communication > Science Journalism
Communication > Communication (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Mrs Lati Latifah
Date Deposited: 21 May 2024 11:51
Last Modified: 30 May 2024 14:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/35338

Actions (login required)

View Item View Item