Paridah, Ida (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) BERBASIS RESPONSIVE WEBSITE PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Ida Paridah_2282190045_FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Ida Paridah_2282190045_01.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) | Request a copy |
|
Text
Ida Paridah_2282190045_02.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text
Ida Paridah_2282190045_03.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text
Ida Paridah_2282190045_04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Ida Paridah_2282190045_05.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text
Ida Paridah_2282190045_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (SKRIPSI)
Ida Paridah_2282190045_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Semakin berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mendorong terjadinya pembaruan dalam berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan sehingga dengan pembaruan ini diharapkan dapat memaksimalkan usaha pemanfaatan hasil belajar. Pemilihan metode pembelajaran serta penggunaan teknologi yang tepat dapat membantu siswa untuk memahami materi secara lebih baik. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa adalah media pembelajaran berbasis Responsive website. Responsive website merupakan website dengan tampilan yang dapat menyesuaikan pada berbagai perangkat yang digunakan. Media ini dipadukan dengan sebuah orientasi yang mengaitkan antara unsur sains, teknologi, lingkungan dan masyarakat menjadi satu kesatuan, yaitu orientasi SETS. Tujuan dari diterapkannya orientasi SETS ini adalah agar siswa dapat lebih termotivasi untuk mempelajari ilmu kimia karena orientasi tersebut menerapkan konsep kimia ke dalam lingkungan sekitar yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang berorientasikan SETS (Science, Environment, Technology, Society) berbasis responsive website pada materi hidrolisis garam, serta mengetahui respon siswa terhadap kepraktisan media yang telah dikembangkan. Model penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan ADDIE sebagai desain penelitian yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,89 sementara untuk hasil validasi ahli media menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,86 yang berarti media telah valid dan layak digunakan dengan nilai V tabel pada indeks V Aiken sebesar 0,75. Hasil angket respon siswa yang diuji cobakan kepada 30 siswa terhadap kepraktisan media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 86,76% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Semakin berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mendorong terjadinya pembaruan dalam berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan sehingga dengan pembaruan ini diharapkan dapat memaksimalkan usaha pemanfaatan hasil belajar. Pemilihan metode pembelajaran serta penggunaan teknologi yang tepat dapat membantu siswa untuk memahami materi secara lebih baik. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa adalah media pembelajaran berbasis Responsive website. Responsive website merupakan website dengan tampilan yang dapat menyesuaikan pada berbagai perangkat yang digunakan. Media ini dipadukan dengan sebuah orientasi yang mengaitkan antara unsur sains, teknologi, lingkungan dan masyarakat menjadi satu kesatuan, yaitu orientasi SETS. Tujuan dari diterapkannya orientasi SETS ini adalah agar siswa dapat lebih termotivasi untuk mempelajari ilmu kimia karena orientasi tersebut menerapkan konsep kimia ke dalam lingkungan sekitar yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang berorientasikan SETS (Science, Environment, Technology, Society) berbasis responsive website pada materi hidrolisis garam, serta mengetahui respon siswa terhadap kepraktisan media yang telah dikembangkan. Model penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan ADDIE sebagai desain penelitian yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,89 sementara untuk hasil validasi ahli media menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,86 yang berarti media telah valid dan layak digunakan dengan nilai V tabel pada indeks V Aiken sebesar 0,75. Hasil angket respon siswa yang diuji cobakan kepada 30 siswa terhadap kepraktisan media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 86,76% dengan kategori sangat baik. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Website, Chemistry, Learning Media, Salt Hydrolisis. Website, Kimia, Media Pembelajaran, Hidrolisis Garam. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
|||||||||
Depositing User: | Ida Paridah | |||||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2024 09:17 | |||||||||
Last Modified: | 17 Jan 2024 10:06 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/32323 |
Actions (login required)
View Item |