Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN KETERTIBAN PASAR BARU KOTA CILEGON

Juliadi, Dede and Amiruddin, Suwaib and Hamid, Abdul (2012) MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN KETERTIBAN PASAR BARU KOTA CILEGON. Lainnya thesis, FISIP Untirta.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi ANE)
SKRIPSI_DEDE_JULIADI_6661072642.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

DEDE JULIADI. NIM 6661072642. Manajemen Strategi Pengelolaan Ketertiban Pasar Baru Kota Cilegon. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pasar Baru Kota Cilegon merupakan pasar yang memiliki potensi cukup tinggi karena letaknya yang strategis dan terletak di pusat kota, sehingga menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja di pasar. Persaingan dengan pasar modern, kotor, kurang nyaman, dan fasilitas minim, kurang dalam manajemen serta kurangnya dalam mengantisipasi perubahan merupakan kendala yang ada di Pasar Baru Kota Cillegon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen strategi pengelolaan ketertiban di pasar baru. Oleh karena itu, fokus dalam penelitian ini adalah Manajemen strategi pengelolaan ketertiban Pasar Baru Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori manajemen strategis diantaranya pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, serta evaluasi dan pengendalian, diantaranya dengan melihat peluang, kekuatan, serta mengurangi faktor kelemahan di lingkungan UPTD pasar baru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman. Sedangkan, untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi dan memberchek. Hasil penelitian menunjukan bahwa UPTD Pasar Baru Kota Cilegon dalam mengelola ketertiban pasar masih belum optimal. Hal tersebut dikarenakan terkendala dengan kedisiplinan dari pegawai serta kurangnya partisipasi yang dilakukan oleh pedagang. Pendidikan yang kurang dari pegawai menjadi faktor penghambat dalam proses sosialisasi terhadap pedagang dan pengadaan sarana prasarana penunjang program kerja. Untuk meningkatkan optimalisasi, UPTD Pasar Baru Kota Cilegon perlu melakukan langkah-langkah peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia dan sumber daya pendukung lainnya. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pengelolaan Ketertiban.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: DEDE JULIADI. NIM 6661072642. Management Strategy of Orderliness Control at Pasar Baru Kota Cilegon. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pasar Baru Kota Cilegon is a market that has high potential value because its strategic location and located in the city center, which choosen by citizens as a shopping place. Compete with modern market, dirty, uncomfortable, minimal facility, lack of management and change anticipation were constraint that occur in Pasar Baru Kota Cillegon. This research purpose was to know how management strategy of orderliness control implementation in Pasar Baru Kota Cillegon. Therefore, focus in this research was management strategy of orderliness control at Pasar Baru Kota Cilegon. The method that used in this research was qualitative approach. This research used management strategy theory, include environment observation, strategy postulation, strategy implementation, and evaluation and control, that were management phase of external environment supervising to look the advantages and the weakness at UPTD environment. Data collected by interviewing, observing, and documentation study. Data analyze was using analyze technique by Miles and Huberman. Meanwhile, validation test was using triangulation and member-check method. Research result showed that UPTD Pasar Baru Kota Cilegon in market orderliness control is not optimal yet. It was because minimal human resource and not enough merchant supported practically. Not enough education of its employee was the inhibitor factor in socialize process to the merchants and infrastructure facility supplying that supported work program. The way to get it optimal, UPTD Pasar Baru Kota Cilegon has to upgrade quality and quantity of human resource and another supporting resource. Keywords : Management Strategy, Orderliness Control.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Dec 2012 02:36
Last Modified: 21 Mar 2013 08:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item View Item