Ningsih, Nurhayati (2023) USULAN PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE FMEA DAN FTA DI BENGKEL MOBIL (Studi Kasus : Bengkel CBM Texnix, Rian Motor, PT. Bakti Bahari Tanjung). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (SKRIPSI)
Nurhayati Ningsih_3333190032_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text (BAB I)
Nurhayati Ningsih_3333190032_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
Nurhayati Ningsih_3333190032_02.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
|
Text (BAB III)
Nurhayati Ningsih_3333190032_03.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Text (BAB IV)
Nurhayati Ningsih_3333190032_04.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
|
Text (BAB V)
Nurhayati Ningsih_3333190032_05.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text (BAB VI)
Nurhayati Ningsih_3333190032_06.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Nurhayati Ningsih_3333190032_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Nurhayati Ningsih_3333190032_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (978kB) |
|
Text (CHECK PLAGIARISME)
Nurhayati Ningsih_3333190032_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (56MB) |
Abstract
Bengkel CBM Texnix, Rian Motor dan PT. Bakti Bahari Tanjung merupakan suatu badan usaha terkemuka menyediakan jasa tune up mobil, ganti oli, las listrik, strum aki, dan perawataan mobil lainnya. Pada saat proses pengerjaan kegiatan operasional seperti manusia, mesin, dan metode kerja tidak dapat dipisahkan, berbagai potensi bahaya yang dapat dijumpai dalam lingkungan bengkel, terutama selama proses pemasangan plat kopling dimana jari dari pekerja terjepit perseneleng , terkena air panas atau air radiator, tersetrum listrik, tangan terbakar percikan api las, mata terkena pasir atau debu pada saat melakukan perbaikan mobil. Metode yang digunakan yaitu Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Failure Tree Analysis (FTA). Metode FMEA dilakukan untuk mengindentifikasi potensi risiko kecelakaan kerja yang ada di Bengkel CBM Texnix, Rian Motor dan PT. Bakti Bahari Tanjung sedangkan metode FTA dilakukan untuk mengidentifikasi sumber penyebab terjadinya risiko tersebut. Diperoleh Nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi di bengkel CBM Texnix yaitu sebesar 157,248. Nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi di bengkel Rian Motor yaitu sebesar 208,32. Dan nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi di bengkel PT. Bakti Bahari Tanjung yaitu sebesar 101,384. Adapun persentase kejadian risiko K3 di bengkel CBM Texnix sebesar 27%, Rian Motor yaitu sebesar 29% dan di bengkel PT. Bakti Bahari Tanjung sebesar 17%. Akar permasalahan yang ada di tiga bengkel menghasilkan kombinasi basic event atau akar permasalahan tidak bersemangat bekerja, pekerja terburu-buru, tidak konsentrasi, APD terbatas, peralatan kurang memadai, pekerja kurang dari 1 tahun, kurang memahami metode kerja, lelah, belum adanya Standard Operating Procedure (SOP). Usulan pengendalian risiko kecelakaan kerja di tiga bengkel yaitu memberikan Coffe Break kepada pekerja, Istirahat atau dibatasi pekerjaannya, Membuat pembagian kerja semua karyawan, Alat kunci yang rusak diganti, Membuat Standard Operating Procedure (SOP) proses bongkar pasang mesin, pekerja yang tidak enak badan dibatasi pekerjaanya atau digantikan dengan pekerja yang lain, membuat Standar Operating Procedure (SOP) proses ganti oli.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Bengkel CBM Texnix, Rian Motor dan PT. Bakti Bahari Tanjung merupakan suatu badan usaha terkemuka menyediakan jasa tune up mobil, ganti oli, las listrik, strum aki, dan perawataan mobil lainnya. Pada saat proses pengerjaan kegiatan operasional seperti manusia, mesin, dan metode kerja tidak dapat dipisahkan, berbagai potensi bahaya yang dapat dijumpai dalam lingkungan bengkel, terutama selama proses pemasangan plat kopling dimana jari dari pekerja terjepit perseneleng , terkena air panas atau air radiator, tersetrum listrik, tangan terbakar percikan api las, mata terkena pasir atau debu pada saat melakukan perbaikan mobil. Metode yang digunakan yaitu Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Failure Tree Analysis (FTA). Metode FMEA dilakukan untuk mengindentifikasi potensi risiko kecelakaan kerja yang ada di Bengkel CBM Texnix, Rian Motor dan PT. Bakti Bahari Tanjung sedangkan metode FTA dilakukan untuk mengidentifikasi sumber penyebab terjadinya risiko tersebut. Diperoleh Nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi di bengkel CBM Texnix yaitu sebesar 157,248. Nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi di bengkel Rian Motor yaitu sebesar 208,32. Dan nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi di bengkel PT. Bakti Bahari Tanjung yaitu sebesar 101,384. Adapun persentase kejadian risiko K3 di bengkel CBM Texnix sebesar 27%, Rian Motor yaitu sebesar 29% dan di bengkel PT. Bakti Bahari Tanjung sebesar 17%. Akar permasalahan yang ada di tiga bengkel menghasilkan kombinasi basic event atau akar permasalahan tidak bersemangat bekerja, pekerja terburu-buru, tidak konsentrasi, APD terbatas, peralatan kurang memadai, pekerja kurang dari 1 tahun, kurang memahami metode kerja, lelah, belum adanya Standard Operating Procedure (SOP). Usulan pengendalian risiko kecelakaan kerja di tiga bengkel yaitu memberikan Coffe Break kepada pekerja, Istirahat atau dibatasi pekerjaannya, Membuat pembagian kerja semua karyawan, Alat kunci yang rusak diganti, Membuat Standard Operating Procedure (SOP) proses bongkar pasang mesin, pekerja yang tidak enak badan dibatasi pekerjaanya atau digantikan dengan pekerja yang lain, membuat Standar Operating Procedure (SOP) proses ganti oli. | |||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | |||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Nurhayati Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2023 14:15 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2023 14:15 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31099 |
Actions (login required)
View Item |