Fianingrum, Fitri (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DIINTEGRASIKAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
02. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ CP.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
04. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ 02.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
03. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ 01.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
|
Text
05. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ 03.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
Text
06. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ 04.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
Text
07. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ 05.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
|
Text
08. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
Text
09. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text
01. FITRIFIANINGRUM _ 7778210012 _ Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang efektivitas model pembelajaran flipped classroom diintegrasikan dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi ditinjau dari disposisi berpikir kritis matematis. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu) yang dilakukan terhadap kelompok-kelompok yang heterogen, dengan membagi kelompok yang diteliti menjadi 2 kelompok pengamatan. Desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group DesignSecara umum hasil penelitian ini menyimpulkan penggunaan model pembelajaran flipped classroom yang diintegrasikan dengan pendekatan metakognitif lebih efektif meningkatkan kemampuan literasi numerasi dibandingkan menggunakan model pembelajaran saintifik. Secara rinci hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom diintegrasikan dengan pendekatan metakognitif lebih baik dibandingkan dengan kemampuan literasi numerasi siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik pada siswa SMK 2) Kemampuan literasi numerasi pada level disposisi berpikir kritis matematis tinggi lebih baik dari level disposisi berpikir kritis matematis sedang dan rendah pada siswa SMK 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (flipped classroom diintegrasikan dengan pendekatan metakognitif dan saintifik) dan disposisi berpikir kritis matematis terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMK
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > 84102-Magister Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Fitri Fianingrum | |||||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2023 09:53 | |||||||||
Last Modified: | 14 Nov 2023 09:53 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/30887 |
Actions (login required)
View Item |