Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISISSLIDINGSHEET PILEDAN PENANGANAN DENGANMULTIBLOCK RETAINING WALL (StudiKasus Proyek Pelebaran Jalan Tol Tangerang-Merak Km 35+700)

KHULASOH HANIFATUNNISA, SITI (2015) ANALISISSLIDINGSHEET PILEDAN PENANGANAN DENGANMULTIBLOCK RETAINING WALL (StudiKasus Proyek Pelebaran Jalan Tol Tangerang-Merak Km 35+700). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISISSLIDINGSHEET PILE DAN PENANGANAN DENGAN MULTIBLOCK RETAINING WALL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (53MB)

Abstract

ANALISISSLIDINGSHEET PILEDANPENANGANAN DENGANMUTIBLOCK RETAINING WALL (Studi Kasus Proyek Pelebaran Jalan Tol Tangerang-Merak Km 35+700) Siti Khulasoh Hanifatunnisa INTISARI Penelitian ini membahas tentangkeruntuhan dinding penahan tanahSheetPileyang terjadipada Pelebaran jalan tol Tangerang-Merak Km 35+700–35+740.Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah denganmenggunakanMultiblock Retaining Wall. Dalam kasus ini dinding penahan tanahmengalami keruntuhan yang cukup besar. Oleh sebab itu timbunan tanah yang akandigunakan akan dilapisi denganGeogrid. Analisis Sliding Sheet Pile dan Penanganan Multiblock Retaining Walldiperhitungkan menggunakan metode Rankine, dengan memperhitungkan syaratkeamanan stabilitas dinding penahan tanah terhadap gaya guling, geser dan kuatdukung tanahserta penggunaanSoftware Plaxis V8.2 Dari hasil analisisPerhitungan faktor keamananstabilitas dindingdianalisadengan asumsi lendutan diperhitungkan menyerupai balok kantilever sehinggadefleksi yang terjadi padaSheet Pile lebih dari yang disyaratkan yaitu, δ = 1 m >δizin = 0.782, hasil analisis perhitungan dengan gempaδ = 1.3 m > δizin = 0.823m, sehinggaSheet Pile tidak aman terhadap beban yang bekerja.dan hasil analisisMultiblock Retaining Wall dengan perkuatan geogrid didapatkan nilai faktorkeamanan stabilitas guling, geser dan kuat dukung tanah sebesar 2.913, 3.197,5.11untuk tanpa dipengaruhi bebangempa, dan 1.84, 2.7, 2.532dengan beban gempasedangkan hasil analisa menggunakan Software Plaxis V8.2didapatkan nilai faktorkeamanan sebesar 5.52. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dinding penahanSheetPiletersebut tidak mampu menerima gaya-gaya yang terjadi,sedangkanMultiblockRetaining Wall dengan perkuatan Geogrid mampu menerima gaya-gaya yangterjadi. Kata Kunci :Pelebaran Jalan Tol,Stabilitas,Sheet Pile,Multiblock Retaining Wall

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIndra Kusuma, Rama198108222006041001
Thesis advisorMina, Enden197305062006042001
Additional Information: ANALISISSLIDINGSHEET PILEDANPENANGANAN DENGANMUTIBLOCK RETAINING WALL (Studi Kasus Proyek Pelebaran Jalan Tol Tangerang-Merak Km 35+700) Siti Khulasoh Hanifatunnisa INTISARI Penelitian ini membahas tentangkeruntuhan dinding penahan tanahSheetPileyang terjadipada Pelebaran jalan tol Tangerang-Merak Km 35+700–35+740.Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah denganmenggunakanMultiblock Retaining Wall. Dalam kasus ini dinding penahan tanahmengalami keruntuhan yang cukup besar. Oleh sebab itu timbunan tanah yang akandigunakan akan dilapisi denganGeogrid. Analisis Sliding Sheet Pile dan Penanganan Multiblock Retaining Walldiperhitungkan menggunakan metode Rankine, dengan memperhitungkan syaratkeamanan stabilitas dinding penahan tanah terhadap gaya guling, geser dan kuatdukung tanahserta penggunaanSoftware Plaxis V8.2 Dari hasil analisisPerhitungan faktor keamananstabilitas dindingdianalisadengan asumsi lendutan diperhitungkan menyerupai balok kantilever sehinggadefleksi yang terjadi padaSheet Pile lebih dari yang disyaratkan yaitu, δ = 1 m >δizin = 0.782, hasil analisis perhitungan dengan gempaδ = 1.3 m > δizin = 0.823m, sehinggaSheet Pile tidak aman terhadap beban yang bekerja.dan hasil analisisMultiblock Retaining Wall dengan perkuatan geogrid didapatkan nilai faktorkeamanan stabilitas guling, geser dan kuat dukung tanah sebesar 2.913, 3.197,5.11untuk tanpa dipengaruhi bebangempa, dan 1.84, 2.7, 2.532dengan beban gempasedangkan hasil analisa menggunakan Software Plaxis V8.2didapatkan nilai faktorkeamanan sebesar 5.52. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dinding penahanSheetPiletersebut tidak mampu menerima gaya-gaya yang terjadi,sedangkanMultiblockRetaining Wall dengan perkuatan Geogrid mampu menerima gaya-gaya yangterjadi. Kata Kunci :Pelebaran Jalan Tol,Stabilitas,Sheet Pile,Multiblock Retaining Wall
Uncontrolled Keywords: Highway Widening,Stability,Sheet Pile,Multiblock Retaining Wall Pelebaran Jalan Tol,Stabilitas,Sheet Pile,Multiblock Retaining Wall
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:48
Last Modified: 25 Oct 2021 04:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item