Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS SEMIOTIK PADA SLOGAN IKLAN MINUMAN RINGAN DI TV DAN KESESUAINNYA DENGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI SISWA SMP KELAS VIII

YUSTIKA ROHMI, ADE (2015) ANALISIS SEMIOTIK PADA SLOGAN IKLAN MINUMAN RINGAN DI TV DAN KESESUAINNYA DENGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BAGI SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS SEMIOTIK PADA SLOGAN IKLAN MINUMAN RINGAN DI TV DAN KESESUAINNYA DENGAN BAHAN AJAR BAHAS.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ade Yustika Rohmi, NIM 2222081245, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP UNTIRTA, “Analisis Semiotik Pada Slogan Iklan Minuman Ringan Di Televisi Dan Kesesuaiannya Dengan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Siswa SMP Kelas VIII”. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konotasi dan denotasi dapat membangun slogan iklan Pocari Sweat, Coca Cola, Teh Pucuk yang ditayangkan di stasiun televisi nasional, sehingga menghasilkan makna slogan iklan tersebut serta kesesuaiannya dengan bahan ajar Bahasa Indonesia bagi siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna slogan iklan dari sisi konotasi dan denotasi serta keseuaiannya dengan bahan ajar bagi siswa SMP.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-interpretatif, yakni metode penelitian yang memfokuskan pada tanda dan teks sebagai objek kajian serta bagaimana penulis menafsirkan dan memahami kode di balik tanda dan teks tersebut.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi, yakni meneliti iklan yang tayang di televisi nasional pada tahun 2012. Kemudian direkam dan diunduh sebagai tambahan kualitas visual maupun verbal dari situs internet serta memfoto bagian-bagian yang menjadi kunci penelitian.Dari hasil penelitian diketahui bahwa iklan minuman ringan Pocari Sweat memiliki slogan iklan yang mudah diingat sehingga konsumen tergugah untuk mencoba minuman ini. Slogan Coca-cola yang memberikan pesan perjuangan untuk melakukan perubahan dan kebaikkan serta iklan Teh Pucuk dengan slogan untuk terus berjuang sampai pucuk karena hal yang baik terletak di pucuk. Disimpulkan bahwa ketiga iklan minuman ringan ini memiliki fungsi ekonomi maupun fungsi sosial. Implikasi bahasa iklan minuman ringan Pocari Sweat, Coca-Cola dan Teh Pucuk dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, Iklan minuman ringan ini juga memperlihatkan keberhasilan mempersuasi peneonton ditandai dari penggunaan bahasa.Sebab, diksi yang membentuk slogan iklan Pocari Sweat, Coca-Cola dan Teh Pucuk yang ditayangkan di televisi selalu ditonton siswa setiap hari, ini dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih sumber atau bahan ajar Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Makna Tanda, Semiotika, Slogan Iklan

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirmansyah, Dodi197611242001121002
Thesis advisorHusnul Mawadah, Ade197906292005012004
Uncontrolled Keywords: Makna Tanda, Semiotika, Slogan Iklan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:50
Last Modified: 25 Oct 2021 04:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3007

Actions (login required)

View Item View Item