Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN IKLAN MEDIA CETAK DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Jo PASAL 1320 KUH PERDATA (Studi Pada Media Cetak PT. Gerbang Banten di Serang)

ALFIAN NURCAHYA, ANGGA (2017) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN IKLAN MEDIA CETAK DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Jo PASAL 1320 KUH PERDATA (Studi Pada Media Cetak PT. Gerbang Banten di Serang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Skripsi)
PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN IKLAN MEDIA CETAK DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Jo PASAL 1320 KUH PERDATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN IKLAN MEDIA CETAK DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Jo PASAL1320 KUH PERDATA (Studi Pada Media Cetak PT. Gerbang Banten di Serang) ABSTRAK Oleh: Angga Alfian Nurcahya Periklanan yang merupakan komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang di transmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat masal seperti koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame, akan tetapi pelanggaran hak akan perlindungan konsumen tetap meluas mengikuti perkembangan teknologi. Adapun identifikasi masalah adalah bagaimana perlindungan konsumen terhadap pelaksanaan perjanjian di PT. Gerbang Banten bagi para pihak yang melakukan perjanjian iklan media cetak dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Jo Pasal 1320 KUH Perdata danbagaimana tanggung jawab PT. Gerbang Banten apabila konsumen dirugikan atas perjanjian iklan media cetak dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Jo Pasal 1320 KUH Perdata. Peneliti menggunakan metode yuridis-normatif yang bersifat deskriptif analis melalui pendekatan perundang-undangan (statue approach) dan pendekatan konsep (conceptual approach). Data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer sebagai penunjang, serta beragam literatur sebagai bahan sekunder.Data diperoleh melalui PT. Gerbang Banten, PWI Banten, BPSK, dan Pemerintah Daerah. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaku usaha yaitu PT. Gerbang Banten yang dilakukan oleh perusahaan menemukan titik temu bahwa Perlindungan hukum konsumen pengguna jasa periklanan diperusahaan media cetakmenurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers belum dapat mengatur mengenai pelaksanaan PT Gerbang Banten dalam melakukan perjanjian periklanan sehingga dalam praktek masih dapat terjadi pelanggaran dan Pertanggungjawaban PT Gerbang Banten apabila konsumen dirugikan dilihat berdasarkan tanggungjawab atas dasar kesalahan PT. Gerbang Banten yaitu pengembalian dalam bentuk ganti rugi ke konsumen apabila terjadi permasalahan dengan syarat masih menggunakan layanan periklanan. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Iklan

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAgus, DedeUNSPECIFIED
Thesis advisorSyahrul M, RullyUNSPECIFIED
Additional Information: PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN IKLAN MEDIA CETAK DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Jo PASAL1320 KUH PERDATA (Studi Pada Media Cetak PT. Gerbang Banten di Serang) ABSTRAK Oleh: Angga Alfian Nurcahya Periklanan yang merupakan komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang di transmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat masal seperti koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame, akan tetapi pelanggaran hak akan perlindungan konsumen tetap meluas mengikuti perkembangan teknologi. Adapun identifikasi masalah adalah bagaimana perlindungan konsumen terhadap pelaksanaan perjanjian di PT. Gerbang Banten bagi para pihak yang melakukan perjanjian iklan media cetak dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Jo Pasal 1320 KUH Perdata danbagaimana tanggung jawab PT. Gerbang Banten apabila konsumen dirugikan atas perjanjian iklan media cetak dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Jo Pasal 1320 KUH Perdata. Peneliti menggunakan metode yuridis-normatif yang bersifat deskriptif analis melalui pendekatan perundang-undangan (statue approach) dan pendekatan konsep (conceptual approach). Data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer sebagai penunjang, serta beragam literatur sebagai bahan sekunder.Data diperoleh melalui PT. Gerbang Banten, PWI Banten, BPSK, dan Pemerintah Daerah. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaku usaha yaitu PT. Gerbang Banten yang dilakukan oleh perusahaan menemukan titik temu bahwa Perlindungan hukum konsumen pengguna jasa periklanan diperusahaan media cetakmenurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers belum dapat mengatur mengenai pelaksanaan PT Gerbang Banten dalam melakukan perjanjian periklanan sehingga dalam praktek masih dapat terjadi pelanggaran dan Pertanggungjawaban PT Gerbang Banten apabila konsumen dirugikan dilihat berdasarkan tanggungjawab atas dasar kesalahan PT. Gerbang Banten yaitu pengembalian dalam bentuk ganti rugi ke konsumen apabila terjadi permasalahan dengan syarat masih menggunakan layanan periklanan. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Iklan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 01-Fakultas Hukum
01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:43
Last Modified: 13 Oct 2021 07:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item