Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PEMASARAN BUAH MANGGIS (Garcinia mangostana L) (Sebuah Kasus di Desa TegalwangiKecamatan Menes Kabupaten Pandeglang)

MUNANDAR, RIFKI (2015) ANALISIS PEMASARAN BUAH MANGGIS (Garcinia mangostana L) (Sebuah Kasus di Desa TegalwangiKecamatan Menes Kabupaten Pandeglang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS PEMASARAN BUAH MANGGIS (Garcinia mangostana L).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACT Mangosteen is one of the fruit of the seed which had good chances to export indonesia is quite promising.From year to year demand mangosteen up along with the needs of the consumers on fruit who gets sobriquet queen fruit ( queen of fruits ). Research is done in the village of Tegalwangi, sub-district menes, district Pandeglang. Village Tegalwangi is one of the areas sentra production fruit mangosteen in sub-district menes. The aim of this research is to find out marketing outlets fruit mangosteen, marketing fruit mangosteen, institution functions the amount of charge, the margin, profit institution mangosteen, marketing fruit the magnitude of the efficiency of technical and economic efficiency of each marketing outlets fruit mangosteen. Methods used in this research is a method of the census. The study is done in the village of Tegalwangi, Sub-district Menes, regency Pandeglang. Determination regions this research done in purposive ( deliberately ). Adoption of respondents in this research to farmers producers taken about 30 people. Whereas institution omnipresence taken samples 4 sellers gatherer and 7 traders have a retailer. Engineering analysis of data processing using methods descriptive analysis where this method used to analyze data by means describe or portray data has been accumulating as it really is among others presenting data via tables, charts and others. Keywords : Fruit Mangosteen, Marketing Analysis

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMeutia, Meutia197208282003122001
Thesis advisorAstuti, Andjar196005311986112001
Additional Information: RINGKASAN RIFKI MUNANDAR Analisis Pemasaran Buah Manggis (Garcinia mangostana L) (Suatu Kasus di DesaTegalwangi Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang). Dibimbing oleh MEUTIA dan ANDJAR ASTUTI. Manggis merupakan salahsatu buah unggulan Indonesia yang memiliki peluang ekspor cukup menjanjikan. Dari tahun ke tahun permintaan manggis meningkat seiring dengan kebutuhan konsumen terhadap buah yang mendapat julukan ratu buah (Queen of Fruits). Penelitian dilakukan di DesaTegalwangi, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Desa Tegalwangi merupakan salahsatu daerah sentra produksi buah manggis di Kecamatan Menes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran buah manggis, fungsi-fungsi lembaga pemasaran buah manggis, besarnya biaya, margin, keuntungan lembaga pemasaran buah manggis, besarnya efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis dari masing-masing saluran pemasaran buah manggis. Metode yang digunakan dalam penelitian inia dalah metode sensus. Penelitian ini dilakukan di Desa Tegalwangi, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Penentuan daerah penelitian ini dilakukan secara purposive (sengaja). Pengambilan responden dalam penelitian ini untuk petani produsen diambil sebanyak 30 orang. Adapun untuk lembaga pemasarannya diambil sampel 4 orang pedagang pengumpul dan 7 orang pedagang pengecer. Teknik pengolahan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dimana metode tersebut digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya, antara lain menyajikan data melalui tabel, grafik dan lainlain. Hasil penelitian untuk besarnya biaya, margin, dan keuntungan yang diperoleh pada masing-masing lembaga pemasaran buah manggis, besarnya biaya pemasaran pada saluran I sebesar Rp. 145/kg, marginnya sebesar Rp. 2.000/kg, dan keuntungannya sebesar Rp. 3.855/kg. Besarnya biaya pemasaran pada saluran II sebesar Rp. 110/kg, marginnya sebesar Rp. 2.000/kg, dan keuntungannya sebesar Rp. 1.950/kg. Efisiensi pemasaran buah manggis dari ke dua saluran pemasaran berbeda-beda yaitu efisiensi teknis pada saluran I sebesar 29 dan pada saluran II sebesar 22. Sedangkan efisiensi ekonomis pada saluran I sebesar 26,56, dan pada pada saluran II sebesar 17,72. Jadi dari kedua saluran tersebut yang paling efisien yaitu terdapat pada saluran I yaitu dimana efisiensi teknis sebesar 29 dan efisiensi ekonomis sebesar 26,58.
Uncontrolled Keywords: Fruit Mangosteen, Marketing Analysis
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:17
Last Modified: 25 Oct 2021 05:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item View Item