Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS ONLINE SAYURAN ORGANIK (Suatu Kasus pada Bisnis Online Sayuran Organik Tante Sayur di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan)

LIDYA LARASATI, ANNISA (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS ONLINE SAYURAN ORGANIK (Suatu Kasus pada Bisnis Online Sayuran Organik Tante Sayur di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS ONLINE SAYURAN ORGANIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tante Sayur is an online business of agriculture that sells a variety of organic agricultural products, such as vegetables, fruits, salad, bread, fish and meat with service areas through online courier assistance which is still limited to the Jabodetabek area. The purpose of the research was to identify the internal and external environmental factors in Tante Sayur and formulate the right strategies to be applied to Tante Sayur. The research lasted for three months, December 2018 to February 2019 and the location was the Tante Sayur Warehouse located at Hang Lekir III, No. 6 RT.4 / RW.6, Gunung, Kebayoran Baru, DKI Jakarta. This research uses a descriptive method in the form of a case study about developing Tante Sayur. There are seven alternative strategies that can be applied by Tante Sayur based on the results of the SWOT matrix analysis. Based on the results of the QSP matrix analysis, the priority of alternative strategies is market development with a total score of 6,92. Keywords : organic agriculture, development strategies, online business

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Thesis advisorGunawan, GugunUNSPECIFIED
Additional Information: ANNISA LIDYA LARASATI, 2019. Strategi Pengembangan Bisnis Online Sayuran Organik (Suatu Kasus pada Bisnis Online Sayuran Organik Tante Sayur di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan), dibimbing oleh Suherman dan Gugun Gunawan. Pada tahun 2016, kesadaran untuk mengkonsumsi pangan organik cukup tinggi sekitar 94% responden sudah pernah mengkonsumsi pangan organik, naik 1% dibanding tahun 2015 (93%) (Statistik Pertanian Organik Indonesia, 2016). Untuk pangan organik, 92% responden yang mengkonsumsi organik memilih sayuran sebagai pangan yang paling sering dikonsumsi (Statistik Pertanian Organik Indonesia, 2016). Bisnis online sayuran organik Tante Sayur merupakan salah satu E-Bisnis atau bisnis online yang bergerak di bidang pertanian yang menjual berbagai produk pertanian organik, ikan, dan daging. Keinginan untuk meningkatkan penjualan sayuran organik dan pasar yang telah menjadi begitu kompetitif, menyebabkan bisnis online sayuran organik Tante Sayur harus mulai memberikan perhatian yang sama besarnya pada strategi yang akan dilaksanakan kedepannya maupun pesaing dan pasar sasaran mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal pada bisnis online sayuran organik Tante Sayur dan merumuskan strategi yang tepat untuk diterapkan pada bisnis online sayuran organik Tante Sayur dengan menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus terhadap pengembangan bisnis online sayuran organik Tante Sayur.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:38
Last Modified: 11 Oct 2021 08:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2589

Actions (login required)

View Item View Item