Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF DIRECTED LEARNING SISWA

MARATUSHOLICHAH, SULY (2017) PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF DIRECTED LEARNING SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF DIRECTED LEARNIN~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan spasial matematis siswa Indonesia dan pentingnya kemampuan self-directed learning siswa untuk menunjang pembelajaran matematika. Salah satu alternatifnya adalah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan spasial matematis dan self-directed learning siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian dan peningkatan kemampuan spasial matematis dan self-directed learning siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan RME lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode ekspositori, apakah terdapat hubungan positif antara kemampuan spasial matematis dan self-directed learning dan kesalahan apa yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan spasial matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed method) dengan model penggabungan KUAN-kual dan desain concurrent embedded design. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Serang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan spasial matematis kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, pencapaian dan peningkatan self-directed learning kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, terdapat hubungan positif antara kemampuan spasial matematis dan self-directed learning dan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan spasial matematis adalah reading error, reading comprehension error, kesalahan teknik dan input data, dan kesalahan konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, HeniUNSPECIFIED
Thesis advisorKhaerunnisa, EtikaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan spasial matematis siswa Indonesia dan pentingnya kemampuan self-directed learning siswa untuk menunjang pembelajaran matematika. Salah satu alternatifnya adalah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan spasial matematis dan self-directed learning siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian dan peningkatan kemampuan spasial matematis dan self-directed learning siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan RME lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode ekspositori, apakah terdapat hubungan positif antara kemampuan spasial matematis dan self-directed learning dan kesalahan apa yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan spasial matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed method) dengan model penggabungan KUAN-kual dan desain concurrent embedded design. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Serang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan spasial matematis kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, pencapaian dan peningkatan self-directed learning kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, terdapat hubungan positif antara kemampuan spasial matematis dan self-directed learning dan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan spasial matematis adalah reading error, reading comprehension error, kesalahan teknik dan input data, dan kesalahan konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:43
Last Modified: 11 Oct 2021 04:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2475

Actions (login required)

View Item View Item