Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Panyaungan, Lebak-Banten)

LESIANI, LESI (2017) MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Panyaungan, Lebak-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Panyaungan, Lebak-Banten).pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Naturalist intelligence is the intelligence associated with everything that exists in nature, such as flora, fauna, cloud formation, solar system, mountains, soil and water. The utilization of the surrounding environment is a way to develop the child’s naturalist intelligence, because this activities very fun and freeing children to interact derectly with their environment so that learning activities can take place actively. Naturalist intelligence of children aged 5-6 years in TK Aisyiyah Panyaungan, Lebak-Banten is still low, this is because there are children who have not been able to identify for calassify the types of plants and animals, then the method used was not interesting so that learning is not optimal. Then need for interesting learning activities such as by utilizing the surrounding environment. The method used ini this research is action research which includes two cycles, the fisrt cycle consists of 8 actions and the second cycle consists 2 action. Every cycles consists of four stages; (1) planning stage, (2) action stage, (3) observation stage, and (4) reflection stage. Subjects in this study were children aged 5-6 years in TK Aisyiyah Panyaungan, Lebak-banten with the number of 16 children consisting of 8 boys and 8 girls. Based on data obtained on pre-action the naturalist intelligence of children aged 5- 6 years is on a low scale with a percentage 27%. Based on analysis of research data and discussion, than obtained results that through the utilization of the surrounding environment the naturalist intelligence child aged 5-6 at first cycle to 53% and at seccond cycle to 77% it is meaning has exceeded the predetermined success score of 70%. Ability shown by the child was changed after given action. Children are more happy and enthusiastic in following the learning activities and active in every action. Than can be concluded that research declared successful.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, AtinUNSPECIFIED
Thesis advisorMryani, KristianaUNSPECIFIED
Additional Information: Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan yang berkaitan dengan segala hal yang ada di alam, yaitu flora, fauna, formasi awan, tata surya, gunung-gunung, tanah maupun air. Adapun kegiatan pemanfaatan lingkungan sekitar adalah cara untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak, karena kegiatan ini sangat menyenangkan dan membebaskan anak untuk berinteraksi langsung dengan lingkungannya sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan aktif. Kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Panyaungan, Lebak- Banten masih rendah, hal ini disebabkan masih ada anak yang belum mampu mengenali atau mengelompokkan jenis-jenis tanaman dan binatang, kemudian metode yang digunakan pun tidak menarik sehingga pembelajaran tidak optimal. Maka diperlukannya kegiatan pembelajaran yang menarik seperti dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (Action Research) yang meliputi dua siklus, siklus I terdiri dari 8 tindakan dan siklus II terdiri dari 2 tindakan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Panyaungan, Lebak- Banten dengan jumlah 16 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Berdasarkan data yang didapat pada pra tindakan, kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun berada pada skala rendah dengan persentase 27%. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa melalui kegiatan pemanfaatan lingkungan sekitar, kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun pada siklus I adalah sebesar 53%, sedangkan pada siklus II menjadi sebesar 77%, artinya telah melebihi skor keberhasilan yang telah ditentukan yaitu sebesar 70% Kemampuan yang ditunjukkan anak pun berubah setelah diberikan tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta aktif dalam setiap kegiatan. Untuk itu dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian dinyatakan berhasil.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:34
Last Modified: 08 Oct 2021 07:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2431

Actions (login required)

View Item View Item