YUSUF, HADI’E (2017) KESIAPAN SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI CIGABUS SERANG Penelitian Kualitatif Deskriptif di Sekolah Yang Memberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
KESIAPAN SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI CIGABUS SERANG.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
This study aims to describe the readiness of schools in implementing the 2013 curriculum and obstacles that meet teachers and principals in the implementation of the 2013 curriculum and efforts to overcome these obstacles. This study used a qualitative desk-based approach. The subjects of this study were principals and teachers. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. The main intrument is the study using observation guidelines and interview guidelines. Data were analyzed through data reduction, data presentation, and conclusions. Technique examination of data validity use triangulation. The results showed that the teacher steps in preparing the RPP is choosing the theme, reviewing the teacher's book, reviewing the syllabus, then preparing the RPP. The compiled RPP is in line with the concept of the 2013 curriculum. The Authentic Assessments that teachers use include observation, discussion, project, performance, and written assessment.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan sekolah dalam mengimplementasi kurikulum 2013 serta hambatan yang di temui guru dan kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 dan upaya mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan desktriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Intrument utama adalah penelitian menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa langkah guru dalam menyusun RPP yaitu memilih tema, mengkaji buku guru, mengkaji silabus, kemudian menyusun RPP. RPP yang disusun sudah sesuai dengan konsep kurikulum 2013. Penilaian Autentik yang digunakan guru antara lain pengamatan, penilaian diskusi, proyek, kinerja, dan tertulis. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2021 05:54 | |||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2021 05:54 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2421 |
Actions (login required)
View Item |