Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Peserta Didik pada Materi Lingkaran

Umaroh, Uum and Novaliyosi, Novaliyosi and SETIANI, YANI (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Peserta Didik pada Materi Lingkaran. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika., 3 (1). pp. 61-70. ISSN 2774-9304

[img] Text
9. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Peserta Didik pada Materi Lingkaran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik yaitu dibutuhkannya variasi penggunaan bahan ajar yang dipakai untuk pembejalaran daring dan memuat indikator-indikator kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap E-LKPD yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 26 orang peserta didik kelas IX SMPN 1 Cikupa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi yang diberikan kepada dua validator materi dan dua validator media, satu guru sebagai ahli pembelajaran dan angket respon peserta didik. Hasil validasi oleh ahli diperoleh informasi kelayakan E-LKPD yaitu penilaian dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 91,67% dengan kategori sangat baik, penilaian ahli dari media memperoleh persentase sebesar 72,68% dengan kategori baik, dan penilaian ahli dari pembelajaran memperoleh persentase sebesar 85,76% dengan kategori sangat baik. Hasil respon peserta didik terhadap E-LKPD memperoleh persentase sebesar 74,95% dengan katagori baik. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Novaliyosi M.Pd
Date Deposited: 17 May 2024 10:07
Last Modified: 17 May 2024 10:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23847

Actions (login required)

View Item View Item