Aprilia, Erinetta (2023) PROGRAM PELATIHAN DESAIN GRAFIS DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN VOKASIONAL PESERTA DI UPT BLK KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Erinetta Aprilia_2221180073_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
Erinetta Aprilia_2221180073_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Erinetta Aprilia_2221180073_02.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
Text
Erinetta Aprilia_2221180073_03.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
Text
Erinetta Aprilia_2221180073_04.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
|
Text
Erinetta Aprilia_2221180073_05.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
|
Text
Erinetta Aprilia_2221180073_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
Text
Erinetta Aprilia_2221180073_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Erinetta Aprilia (2221180073) “Program Pelatihan Desain Grafis dalam Meningkatkan Kecakapan Vokasional Peserta di UPT BLK Kota Tangerang”. Pembimbing I Prof. Dr. Sudadio, M.Pd. Pembimbing II Dr. Ino S Rawita, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penyelenggaraan program pelatihan desain grafis dalam meningkatkan kecakapan vokasional peserta di UPT BLK Kota Tangerang (2) hasil program pelatihan desain grafis dalam meningkatkan kecakapan vokasional di UPT BLK Kota Tangerang (3) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kecakapan vokasional peserta program pelatihan desain grafis di UPT BLK Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan dua pengelola UPT BLK Kota Tangerang, dua instruktur Internusa, dan lima peserta pelatihan. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada empat, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa (1) penyelenggaraan program pelatihan desain grafis sudah berjalan memenuhi standar yang baik (2) kecakapan vokasional dasar dan khusus peserta dari hasil program meningkat dilihat dari perubahan kognitif, afektif, dan psikomotor (3) faktor pendukung yaitu kerjasama mitra kerja, kelas motivator kerja, bantuan dana APBD. Sedangkan faktor penghambat yaitu daya tangkap peserta, kondisi sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan tidak ada penyaluran kerja. Kata Kunci : Pelatihan, Meningkatkan, Vokasional
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal | |||||||||
Depositing User: | Erinetta Aprilia - | |||||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2023 14:34 | |||||||||
Last Modified: | 27 Apr 2023 14:34 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23310 |
Actions (login required)
View Item |