Sari Suryani, Dewi (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CATATAN HARIAN MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Pasirmuncang 1 Jayanti tangerang. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
2. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CATATAN HARIAN MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CATATAN HARIAN MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS V SDN PASIRMUNCANG 1 JAYANTI Abstrak Kegiatan pembelajaran di kelas V masih berpusat pada guru, sehingga siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran dan kurangnya kemampuan siswa dalam penyelesaian menulis catatan harian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis catatan harian melalui penerapan metode Card Sort pada siswa kelas V SDN Pasirmuncang 1 Jayanti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Desain penelitian menggunakan PTK Sudjana, yaitu : 1) perencanaan, 2)pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II, siklus I sebesar 54,17% Meningkat menjadi 91,67%Pada siklus II. Selain itu, aktivitas siswa juga meningkat mengalami peningkatan pada siklus II, pada siklus I sebesar 1,8 % meningkat menjadi 5% pada siklus II. Dari hasil presentase ketuntasan belajar dan aktivitas siswa maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini meningkatkan ketuntasan belajar dan aktivitas siswa. Kata kunci :Card Sort, Catatan Harian i
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Card Sort, Catatan Harian | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 05:56 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 05:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2261 |
Actions (login required)
View Item |