Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROSES KOMUNIKASI WORD OF MOUTH REFERENCE GROUP ORIFLAME (Studi Kasus Oriflame di Kota Serang)

Sutedja, Mutiara Ayuningsih and Sihabudin, Ahmad and Panji, Yearry (2012) PROSES KOMUNIKASI WORD OF MOUTH REFERENCE GROUP ORIFLAME (Studi Kasus Oriflame di Kota Serang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM - MUTIARA AYUNINGSIH SUTEDJA - 2012.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini bisnis MLM (multi level marketing) sedang banyak diminati oleh masyarakat, bisnis MLM sangat menjajikan keuntungannya, contohnya seperti Oriflame. Oriflame adalah perusahaan kosmetik yang menawarkan produk-produk kosmetik dan perawatan kulit yang menggunakan word of mouth sebagai cara dalam memasarkan produknya. Dalam komunikasi word of mouth terdapat Product News yaitu informasi tentang suatu produk; Personal Experience yaitu pengalaman pribadi konsumen; Advice Giving yaitu anjuran yang diberikan kepada konsumen oleh member. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi yang aktual dan rinci mengenai “Pola Komunikasi Word Of Mouth Reference Group Oriflame”. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran awal mengenai Word Of Mouth Reference Group Oriflame. Kemudian untuk memperoleh data yang akurat dan rinci, penulis menggunakan teknik wawancara mendalam, sedangkan teknik dokumentasi dilakukan untuk memperoleh kelengkapan data tentang produk Oriflame. Hasil penelitian ini adalah bahwa hingga saat ini proses komunikasi WOM reference group oriflame terjadi antara member dengan konsumen oriflame. pola komunikasi WOM reference group meliputi komunikasi verbal dan nonverbal yaitu memperkenalkan produk-produk oriflame dengan menggunakan kata-kata persuasif, sopan dan mudah dimengerti oleh konsumen, menggunakan media pendukung berupa katalog dan mempraktekan secara langsung kepada konsumen teknik merias dengan menggunakan produk-produk oriflame. Hubungan interpersonal WOM reference group oriflame antara member dengan konsumen dibangun berdasarkan faktor ganjaran, biaya, hasil dan tingkat perbandingan.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT : At this time the MLM (Multi Level Marketing) business is in great demand by the public, the MLM business has very promising advantages, such as Oriflame. Oriflame is a cosmetics company that offers products and skin care cosmetics that use word-of-mouth marketing as a way of marketing their products. Word-of-mouth marketing is an important area of marketing, which relies on the added credibility of person-to-person communication, a personal recommendation. This study used a qualitative approach with descriptive methods in order to collect actual and detailed information about the "word-of-mouth communication patterns related to the Oriflame Group". Data collection techniques used by the authors is observation, interview and documentation. Observations were carried out to obtain a preliminary description through the Word Of Mouth marketing methodologies in relation to the Oriflame Group. Then to obtain accurate and detailed data, the authors used “in-depth interviews”, while the technical completeness of the documentation carried out to obtain data about Oriflame products. The results of this study is Oriflame word of mouth communication process reference group tokk place between members with consumer Oriflame. communicatoin patterns in word of mouth reference group includes verbal and nonverbal communication that is introduced Oriflame products by using persuasive words, polite and easily to understood by consumers, using a supporting medium in the form of catalogs and direct to consumers practicing makeup techniques using Oriflame products. Interpersonal relationships in word of mouth reference group member with Oriflame among consumers built upon factor rewards, costs, results and rate comparisons.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Feb 2013 02:43
Last Modified: 07 Jun 2013 02:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item