Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGENDALIAN INTERNAL PENERIMAAN KAS PADA PERUMDAM TIRTA BERKAH KABUPATEN PANDEGLANG

Eila Silih Mulya, Eila (2023) PENGENDALIAN INTERNAL PENERIMAAN KAS PADA PERUMDAM TIRTA BERKAH KABUPATEN PANDEGLANG. D3 thesis, Universitas Sultan ageng Tirtayasa.

[img] Text
EILA SILIH MULYA_5501190049_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
EILA SILIH MULYA_5501190049_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text
EILA SILIH MULYA_5501190049_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
EILA SILIH MULYA_5501190049_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
EILA SILIH MULYA_5501190049_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
EILA SILIH MULYA_5501190049_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
EILA SILIH MULYA_5501190049_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
EILA SILIH MULYA_5501190049_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The purpose of writing this Final Project is to find out how the internal control of cash receipts and to find out what are the obstacles that occur in the internal control of cash receipts in the Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang. In this paper, the method used is descriptive method. This writing uses primary data and secondary data obtained from the Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang. Sources of data come from field studies and literature studies. The data analysis technique used in this research is the results of interviews, observations and documentation. From the data obtained in the field, the Internal Control of cash receipts at the Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang is not in accordance with the theoretical study proposed by Mulyadi in the elements of the internal control system. However, in practice the company cannot be said to be running effectively. Because there are some discrepancies made by employees, namely in their duties and responsibilities there are dual tasks, both intentional and unintentional, and in the recording there is a discrepancy between the recording of cash receipts from the cashier and the accounting department.

Item Type: Thesis (D3)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFajar Muttaqin, Galih198307302009121003
Additional Information: Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengendalian internal penerimaan kas dan untuk mengetahui apa saja kendala-kendala yang terjadi dalam pengendalian internal penerimaan kas di Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang. Dalam penulisan ini metode yang digunakan adalah metode Deskriptif. Penulisan ini menggunakan data Primer dan data Sekunder yang diperoleh dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Berkah kabupaten Pandeglang. Sumber data berasal dari studi lapangan dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh dilapangan bahwa Pengendalian Internal penerimaan kas pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang pada dasarnya sudah sesuai dengan kajian teori yang dikemukakan oleh Mulyadi dalam unsur-unsur sistem pengendalian internal. Namun dalam pelaksanaannya perusahaan belum bisa dikatakan berjalan dengan efektif. Dikarenakan terdapat beberapa ketidak konsistensi yang dilakukan oleh karyawan yaitu dalam tugas dan tanggungjawabnya terdapat rangkap tugas, baik yang disengaja maupun tidak disengaja dilakukan dan dalam pencatatannya terdapat ketidaksesuaian antara pencatatan penerimaan kas bagian kasir dengan bagian akuntansi.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengendalian Internal, Penerimaan, Kas Keyword: Internal Control, Receipts, Cash
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 62201-Program Diploma III Akuntansi
Depositing User: MRS Eila Eila Silih Mulya
Date Deposited: 13 Mar 2023 15:36
Last Modified: 13 Mar 2023 15:36
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/21914

Actions (login required)

View Item View Item