Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Penggunaan Video “Tutorial Make Up” pada Channel Youtube Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi (Studi Kasus Mahasiswi Ilmu Komunikasi Untirta Angkatan 2013 – 2015)

Puspa Galih, Gea (2017) Pengaruh Penggunaan Video “Tutorial Make Up” pada Channel Youtube Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi (Studi Kasus Mahasiswi Ilmu Komunikasi Untirta Angkatan 2013 – 2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
Pengaruh Penggunaan Video “Tutorial Make Up” pada Channel Youtube terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi (Studi Kasus Mahasiswi Ilmu Komunikasi Untirta Tahun 2013-2015).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Gea Puspa Galih, NIM 6662130301. Thesis. The Influence of Uses Make Up Video Tutorials on YouTube Channel to The Consumptive Behaviour of Towards Female Collage Student. Supervisor 1: Dr. Rahmi Winangsih, M.Si, and Supervisor 2: Ronny Yudhi Septa P, M.Si Make Up video tutorials is one of the categories or themes on YouTube that aims to provide information about Make Up products and how to apply. This study was conducted to measure how much influence of Make Up video tutorials on youtube channel to the consumptive behaviour of collage student. The communication student 2013-2015 of Untirta were chosen as respondents‟s because the communication student is a good media observer and the age of respondents is the age of the highest YouTube users in Indonesia which is 15 until 34 years old. This research used the uses and effects theory that explain that the requirement is only one of the factors that cause the use of media. Individual characteristic, expectations and perceptions of the media, and the level of acces to the media, will lead individuals to the decision to use or not the contents of the mass media. The research approach used quantitative. The method used survey method. With the obtained data through 65 questionares to collage students, the research show that tcount is 17,215 and ttable is 1,671 so it can be concluded that tcount>ttable or 17,215>1,671 or it means that Hₒ is rejected and Hₐ is accepted. This also means that there is a relationship or there is influence between Make Up video tutorials on YouTube towards the consumptive behaviour collage students with a 0,796 correlations value, which means that there is a very strong relationship between the two variables. With the determination coefficient value that indicates 63% is the consumptive behaviour collage students is the contribution of variables of the influence of Make Up video tutorials on YouTube channel and other 27% can be explained by other causes.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWinangsih, RahmiUNSPECIFIED
Thesis advisorYudhi Septa Priana, RonnyUNSPECIFIED
Additional Information: Gea Puspa Galih, NIM 6662130301. Skripsi. Pengaruh Penggunaan Video Tutorial Make Up pada Channel YouTube Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi. Pembimbing 1: Dr. Rahmi Winangsih, M.Si, Dan Pembimbing 2: Ronny Yudhi Septa P, M.Si Video Tutorial Make Up merupakan salah satu kategori atau tema pada YouTube yang bertujuan untuk memberikan informasi seputar produk Make Up dan cara mengaplikasiannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pengaruh video tutorial Make Up pada channel YouTube terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi. Dipilihnya Mahasiswi komunikasi UNTIRTA 2013-2015 sebagai responden, karena Mahasiswi ilmu komunikasi merupakan pemerhati media yang baik serta umur responden pada angkatan tersebut masuk kedalam rentan umur pengguna YouTube terbanyak di Indonesia yaitu 15 – 34 tahun. Penelitian ini menggunakan teori uses and effects yang mejelaskan bahwa uses and effects kebutuhan hanya salah satu dari faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penggunaan media. Karakteristik individu, harapan dan persepsi terhadap media, dan tingkat akses kepada media, akan membawa individu kepada keputusan untuk menggunakan atau tidak menggunkan isi media massa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Dengan data yang diperoleh melalui kuisoner yang di sebar kepada 60 mahasiswi. Penelitian menunjukan thitung sebesar 17,215 sedangkan ttabel adalah 1,671, jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai thitung > ttabel atau 17,215 > 1,671, penjabaran tersebut menyatakan bahwa Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya terdapat hubungan atau terdapat pengaruh antara video tutorial Make Up pada YouTube terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswi dengan nilai korelasi 0,796 yang berarti hubungan antara kedua variabel sangat kuat. Dengan nilai koefisien determinasi yang menandakan sebesar 63% variabel Perilaku Konsumtif Mahasiswi adalah kontribusi dari variabel video tutorial Make Up pada channel YouTube dan 27% lainnya dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:18
Last Modified: 07 Oct 2021 04:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2191

Actions (login required)

View Item View Item