Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIK SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Serang)

KHAIRUNNISA, ELSA (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIK SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Serang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIK SISWA SMP.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK ELSA KHAIRUNNISA, Pengaruh Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Terhadap Kemampuan Kompetensi Strategis Matematik Siswa (SMP Negeri 3 Kota Serang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang 2014. Latar belakang dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji coba kemampuan kompetensi strategis matematik yang diberikan kepada siswa SMP Negeri 3 Kota Serang, menunjukan bahwa kemampuan kompetensi strategis matematik masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan kompetensi strategis matematik siswa adalah dengan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap kemampuan kompetensi strategis matematik siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Serang, semester genap tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel diambil dua kelas dari lima kelas, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dan kelas kontrol adalah kelas yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa. Data penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen tes kemampuan kompetensi strategis matematik siswa pada materi bangun ruang sisi tegak yaitu prisma dan limas yang terdiri dari enam soal uraian, yang diberikan pada saat pretes dan postes. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah mode l pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan kompetensi strategis matematik siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah mod e l pembelajaran Practice Rehearsal Pairs berpengaruh positif terhadap kemampuan kompetensi strategis matematik siswa. Kata kunci: Practice Rehearsal Pairs, Kompetensi Strategis Matematik Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurrohman, Maman198209252006041001
Thesis advisorDewi Assaat, Lusiani198010102005012003
Uncontrolled Keywords: Practice Rehearsal Pairs, Kompetensi Strategis Matematik Siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:19
Last Modified: 25 Oct 2021 06:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item