Nurul Ridaswari, Vinda (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL LAB KIMIA KARBON (CHEMISBON) SEBAGAI PRAKTIKUM IDENTIFIKASI GUGUS FUNGSI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
Vinda Nurul Ridaswari_2282180032_fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
Vinda Nurul Ridaswari_2282180032_cp.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
|
Text
Vinda Nurul Ridaswari_2282180032_01.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
|
Text
Vinda Nurul Ridaswari_2282180032_02.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
Text
Vinda Nurul Ridaswari_2282180032_03.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
Text
Vinda Nurul Ridaswari_2282180032_04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Vinda Nurul Ridaswari_2282180032_05.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
|
Text
Vinda Nurul Ridaswari_2282180032_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
Vinda Nurul Ridaswari_2282180032_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Praktikum sering tidak dilaksanakan karena keterbatasan alat, bahan, waktu, dan dapat terciptanya limbah hasil praktikum, karena tidak tersedianya pegelolaan limbah pada laboratorium sekolah. Penggunaan laboratorium virtual yang dapat diakses pada smartphone merupakan alternatif untuk kegiatan praktikum tetap dilaksanakan dan dapat meminimalkan terciptanya limbah praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi laboratorium virtual identifikasi gugus fungsi menggunakan model ADDIE; validitas media; respon siswa serta keefektifan aplikasi untuk menstimulus kemampuan proses sains siswa. Penelitian Research and Development ini menggunakan model penelitian ADDIE: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Media dilakukan uji terbatas kepada 14 siswa kelas XII IPA SMAN 4 Kabupaten Tangerang. Instrumen yang digunakan berupa instrumen validasi ahli, angket respon siswa serta lembar observasi. Analisis data dilakukan menggunakan Aiken (1985) dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan dengan model ADDIE efektif karena tahapan sistematis (2) produk dinyatakan valid oleh 6 orang ahli dengan skor rata-rata hasil analisis aspek materi 0.86 dan media 0.85 (3) produk memperoleh respon positif siswa 81% dan hasil observasi kegiatan siswa 99.64% efektif untuk menstimulus kemampuan proses sains siswa. Dapat diketahui bahwa produk valid dan layak digunakan sebagai laboratorium virtual identifikasi gugus fungsi di SMA.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Praktikum sering tidak dilaksanakan karena keterbatasan alat, bahan, waktu, dan dapat terciptanya limbah hasil praktikum, karena tidak tersedianya pegelolaan limbah pada laboratorium sekolah. Penggunaan laboratorium virtual yang dapat diakses pada smartphone merupakan alternatif untuk kegiatan praktikum tetap dilaksanakan dan dapat meminimalkan terciptanya limbah praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi laboratorium virtual identifikasi gugus fungsi menggunakan model ADDIE; validitas media; respon siswa serta keefektifan aplikasi untuk menstimulus kemampuan proses sains siswa. Penelitian Research and Development ini menggunakan model penelitian ADDIE: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Media dilakukan uji terbatas kepada 14 siswa kelas XII IPA SMAN 4 Kabupaten Tangerang. Instrumen yang digunakan berupa instrumen validasi ahli, angket respon siswa serta lembar observasi. Analisis data dilakukan menggunakan Aiken (1985) dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan dengan model ADDIE efektif karena tahapan sistematis (2) produk dinyatakan valid oleh 6 orang ahli dengan skor rata-rata hasil analisis aspek materi 0.86 dan media 0.85 (3) produk memperoleh respon positif siswa 81% dan hasil observasi kegiatan siswa 99.64% efektif untuk menstimulus kemampuan proses sains siswa. Dapat diketahui bahwa produk valid dan layak digunakan sebagai laboratorium virtual identifikasi gugus fungsi di SMA. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia |
|||||||||
Depositing User: | Vinda Nurul Ridaswari | |||||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 12:00 | |||||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 12:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/21517 |
Actions (login required)
View Item |