Fauziah, Tilmidah (2023) Penerapan Teknik Membaca Nyaring Dalam Kegiatan menghafal Juz'Amma Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Annizhomiyyah Labuan. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
![]() |
Text (SKRIPSI)
Tilmidah Fauziah_2228180032_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text (REFERENSI)
Tilmidah Fauziah_2228180032_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Tilmidah Fauziah_2228180032_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB I)
Tilmidah Fauziah_2228180032_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
Tilmidah Fauziah_2228180032_02.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
Tilmidah Fauziah_2228180032_03.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
Tilmidah Fauziah_2228180032_04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
Tilmidah Fauziah_2228180032_05.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
Abstract
Kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun dapat menumbuhkan rasa cintanya pada Al-Qur’an dan berpengaruh pada tumbuh kembangnya dimasa mendatang. TK Annizhomiyyah menerapkan kegiatan itu menggunakan teknik membaca nyaring. Penerapannya dengan mengeluarkan suara dalam melafalkan setiap ayat Juz’Amma sesuai makhorijul huruf. Tujuan penelitiannya untuk mengkaji ketepatan teknik membaca nyaring dalam kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun di TK Annizhomiyyah Labuan. Penelitiannya menggunakan metode kualitatif, jenis penelitiannya studi kasus. Subjek penelitiannya kepala sekolah, guru dan anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasinya dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, member check, analisis kasus negatif, diskusi teman sejawat dan kecukupan referensial. Hasil analisis data menyatakan bahwa penerapan teknik membaca nyaring untuk kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun belum berkembang dengan baik, karena karakteristik anak yang berbeda-beda serta kuota anak yang terlalu banyak mempengaruhi ketepatan teknik tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun dapat menumbuhkan rasa cintanya pada Al-Qur’an dan berpengaruh pada tumbuh kembangnya dimasa mendatang. TK Annizhomiyyah menerapkan kegiatan itu menggunakan teknik membaca nyaring. Penerapannya dengan mengeluarkan suara dalam melafalkan setiap ayat Juz’Amma sesuai makhorijul huruf. Tujuan penelitiannya untuk mengkaji ketepatan teknik membaca nyaring dalam kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun di TK Annizhomiyyah Labuan. Penelitiannya menggunakan metode kualitatif, jenis penelitiannya studi kasus. Subjek penelitiannya kepala sekolah, guru dan anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasinya dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, member check, analisis kasus negatif, diskusi teman sejawat dan kecukupan referensial. Hasil analisis data menyatakan bahwa penerapan teknik membaca nyaring untuk kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun belum berkembang dengan baik, karena karakteristik anak yang berbeda-beda serta kuota anak yang terlalu banyak mempengaruhi ketepatan teknik tersebut. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Miss Tilmidah Fauziah | |||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 15:00 | |||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 15:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/20610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |