LAKSANA, TEJA (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN DIIRINGI MUSIK LOFI TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
![]() |
Text
Teja Laksana_2285180001_fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Teja Laksana_2285180001_01.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
![]() |
Text
Teja Laksana_2285180001_02.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
![]() |
Text
Teja Laksana_2285180001_03.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
![]() |
Text
Teja Laksana_2285180001_04.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text
Teja Laksana_2285180001_05.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
![]() |
Text
Teja Laksana_2285180001_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
![]() |
Text
Teja Laksana_2285180001_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Teja Laksana_2285180001_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Teja Laksana. 2023. Pengaruh Bimbingan Kelompok Menggunakan Music Lofi Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar (Penelitian Quasi-Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI TKJ SMKN 1 Kota Serang Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas XI SMKN 1 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling, dan mendapatkan 20 siswa yang memilki konsentrasi belajar rendah. Hasil pre-test kelompok eksperimen rata-rata berada pada nilai 51, yaitu berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan menggunakan bimbingan kelompokdengan musik lo-fi nilai rata-ratanya adalah 78 yaitu berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol hasil dari nilai pre-test dan post-testnya tidak terlalu mengalami perubahan yang tinggi yaitu pada angka 51 dan 52. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Mann Whitney , terdapat perbedaan konsentrasi belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi. Dengan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 lebih rendah dari 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023. Kata kunci : konsentrasi belajar, bimbingan kelompok, Teknik diskusi TPS, music lofi
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRAK Teja Laksana. 2023. Pengaruh Bimbingan Kelompok Menggunakan Music Lofi Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar (Penelitian Quasi-Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI TKJ SMKN 1 Kota Serang Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas XI SMKN 1 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling, dan mendapatkan 20 siswa yang memilki konsentrasi belajar rendah. Hasil pre-test kelompok eksperimen rata-rata berada pada nilai 51, yaitu berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan menggunakan bimbingan kelompokdengan musik lo-fi nilai rata-ratanya adalah 78 yaitu berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol hasil dari nilai pre-test dan post-testnya tidak terlalu mengalami perubahan yang tinggi yaitu pada angka 51 dan 52. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Mann Whitney , terdapat perbedaan konsentrasi belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi. Dengan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 lebih rendah dari 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan musik lo-fi dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023. Kata kunci : konsentrasi belajar, bimbingan kelompok, Teknik diskusi TPS, music lofi | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling |
|||||||||
Depositing User: | mr Teja Laksana | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 09:50 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 09:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/20422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |