PANGLIPURINGTYAS, YEMIMA (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN TRANSPORTASI ANGKOT SI BENTENG DI KOTA TANGERANG (STUDI KASUS TRAYEK BULAKAN-TIPTOP TAMAN CIBODAS). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Yemima_6661180047_02.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
Text
Yemima_6661180047_03.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
Text
Yemima_6661180047_04.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) |
|
Text
Yemima_6661180047_05.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
|
Text
Yemima_6661180047_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
|
Text
Yemima_6661180047_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
Yemima_6661180047_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
Yemima_6661180047_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
Text
Yemima_6661180047_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Yemima Panglipuringtyas. NIM. 6661180047. 2022. Skripsi. Implementasi Program Layanan Transportasi Angkot Si Benteng di Kota Tangerang (Studi Kasus Trayek Bulakan-Tiptop Taman Cibodas). Program Studi Ilmu Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing I: Dr. Titi Stiawati, S.Sos., M.Si. Dosen Pembimbing II: Leo Agustino, Ph.D. Program Angkot Si Benteng di Kota Tangerang merupakan sarana transportasi yang aman, nyaman dan murah dipersembahkan Pemerintah Kota Tangerang. Permasalahan yang ada yaitu partisipasi masyarakat dalam penggunaan Angkot Si Benteng khususnya trayek Bulakan-Tiptop Taman Cibodas masih kurang, terdapat singgungan rute Angkot Si Benteng dengan angkot konvensional, serta terdapat pelanggaran Standard Operating Procedure (SOP) yaitu merokok dan tindak pelecehan seksual oleh oknum sopir Angkot Si Benteng sehingga mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi program layanan transportasi Angkot Si Benteng di Kota Tangerang dengan studi kasus trayek Bulakan-Tiptop Taman Cibodas. Penelitian ini menggunakan teori Model Merilee S. Grindle (dalam Syahruddin, 2018: 68), dengan metode Kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan pengamatan, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Angkot Si Benteng di Kota Tangerang khususnya trayek Bulakan-Tiptop Taman Cibodas belum berjalan optimal, tingkat penggunaan kendaraan pribadi yang tinggi sehingga menyebabkan kemacetan dan tingginya angka kecelakaan lalu lintas, jumlah titik bus stop yang minim, dan tingginya penggunaan angkutan daring (ojek online) membuat manfaat dan derajat perubahan yang diharapkan dari keberadaan Angkot Si Benteng belum berjalan secara maksimal. Saran yang dapat direkomendasikan yaitu penambahan titik bus stop dan menambahkan trayek Angkot Si Benteng. Kata Kunci: Angkutan Umum, Implementasi Kebijakan Publik. Yemima Panglipuringtyas. NIM. 6661180047. 2022. Research. Implementation of the Angkot Si Benteng Program in Tangerang City (case study of Bulakan-Tiptop Taman Cibodas route). Public Administration Major. The Faculty of Social and Political Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. 1st Advisor: Dr. Titi Stiawati, S.Sos., M.Si. and 2nd Advisor: Leo Agustino, Ph.D Angkot Si Benteng is the transportation program in Tangerang City that is safe, comfortable and affordable presented by the City Government. The existing problems are that public participation in the use of Angkot Si Benteng, especially the Bulakan-Tiptop route of Cibodas Park is still lacking, there is an intersection of the Angkot Si Benteng route with conventional angkot, and there are violations of the Standard Operating Procedure (SOP), namely smoking and sexual harassment by the driver of Angkot Si Benteng so as to interfere with the safety and comfort of passengers. The purpose of this research is to find out the implementation of the program Angkot Si Benteng in Tangerang City with a case study of Bulakan-Tip Top Taman Cibodas route. In this research using the theory of the Merilee S. Grindle Model (Syahruddin, 2018: 68), with qualitative methods, using data collection techniques through documentation, observation, and interviews. The results showed that the implementation of the Angkot Si Benteng program in Tangerang City, especially Bulakan-Tiptop Taman Cibodas route has not run optimally, the high level of use of private vehicles, causing congestion and high rates of traffic accidents, the minimal number of bus stop points, and the high use of online transportation (online motorcycle taxis) making the benefits and degrees of change expected from the existence of angkot si benteng have not run optimally. Suggestions that can be recommended are the addition of bus stop points and adding the Angkot Si Benteng route. Keywords: implementation of public policy, Public Transportation.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Yemima Panglipuringtyas. NIM. 6661180047. 2022. Skripsi. Implementasi Program Layanan Transportasi Angkot Si Benteng di Kota Tangerang (Studi Kasus Trayek Bulakan-Tiptop Taman Cibodas). Program Studi Ilmu Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing I: Dr. Titi Stiawati, S.Sos., M.Si. Dosen Pembimbing II: Leo Agustino, Ph.D. Program Angkot Si Benteng di Kota Tangerang merupakan sarana transportasi yang aman, nyaman dan murah dipersembahkan Pemerintah Kota Tangerang. Permasalahan yang ada yaitu partisipasi masyarakat dalam penggunaan Angkot Si Benteng khususnya trayek Bulakan-Tiptop Taman Cibodas masih kurang, terdapat singgungan rute Angkot Si Benteng dengan angkot konvensional, serta terdapat pelanggaran Standard Operating Procedure (SOP) yaitu merokok dan tindak pelecehan seksual oleh oknum sopir Angkot Si Benteng sehingga mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi program layanan transportasi Angkot Si Benteng di Kota Tangerang dengan studi kasus trayek Bulakan-Tiptop Taman Cibodas. Penelitian ini menggunakan teori Model Merilee S. Grindle (dalam Syahruddin, 2018: 68), dengan metode Kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan pengamatan, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Angkot Si Benteng di Kota Tangerang khususnya trayek Bulakan-Tiptop Taman Cibodas belum berjalan optimal, tingkat penggunaan kendaraan pribadi yang tinggi sehingga menyebabkan kemacetan dan tingginya angka kecelakaan lalu lintas, jumlah titik bus stop yang minim, dan tingginya penggunaan angkutan daring (ojek online) membuat manfaat dan derajat perubahan yang diharapkan dari keberadaan Angkot Si Benteng belum berjalan secara maksimal. Saran yang dapat direkomendasikan yaitu penambahan titik bus stop dan menambahkan trayek Angkot Si Benteng. Kata Kunci: Angkutan Umum, Implementasi Kebijakan Publik. | |||||||||
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government | |||||||||
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
|||||||||
Depositing User: | Yemima Tyas Panglipuringtyas | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 09:21 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 09:21 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/20229 |
Actions (login required)
View Item |