RAMADHAN, JANUAR (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH/DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Januar Ramadhan_2227170112_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
Januar Ramadhan_2227170112_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Januar Ramadhan_2227170112_02.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
Text
Januar Ramadhan_2227170112_03.pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) |
|
Text
Januar Ramadhan_2227170112_04.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Text
Januar Ramadhan_2227170112_05.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
Text
Januar Ramadhan_2227170112_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Januar Ramadhan_2227170112_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pada tahun 2020 awal, dunia termasuk Indonesia sedang dilanda virus covid-19 yang dapat menyebar dengan cepat, sehingga membuat berbagai kegiatan tidak dapat dilakukan termasuk kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan secara daring. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Cilenggang 2, untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya serta untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi hasil belajar siswa selama belajar dengan daring. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV di SDN Cilenggang 2 Tahun pelajaran 2021/2022. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas IV C dipilih menjadi sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis korelasi sederhana terdapat pengaruh yang rendah antara pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa, yaitu sebesar 0,30. Sedangkan dari hasil analisis koefisiensi determinan pengaruh yang ditimbulkan sebesar 9,10%. Hal tersebut terjadi karena para siswa tidak menyukai belajar secara daring sehingga tidak dapat menerima materi dengan maksimal, mereka lebih menyukai pembelajaran secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh di atas berbeda dengan hasil penelitian terdahulu yang sama-sama meneliti mengenai pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar. Dimana pada penelitian terdahulu dikatakan bahwa pembelajaran jarak jauh berpengaruh besar/positif terhadap hasil belajar siswa, sedangkan pada penelitian ini pembelajaran jarak jauh berpengaruh rendah/negatif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Pada tahun 2020 awal, dunia termasuk Indonesia sedang dilanda virus covid-19 yang dapat menyebar dengan cepat, sehingga membuat berbagai kegiatan tidak dapat dilakukan termasuk kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan secara daring. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Cilenggang 2, untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya serta untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi hasil belajar siswa selama belajar dengan daring. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV di SDN Cilenggang 2 Tahun pelajaran 2021/2022. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas IV C dipilih menjadi sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis korelasi sederhana terdapat pengaruh yang rendah antara pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa, yaitu sebesar 0,30. Sedangkan dari hasil analisis koefisiensi determinan pengaruh yang ditimbulkan sebesar 9,10%. Hal tersebut terjadi karena para siswa tidak menyukai belajar secara daring sehingga tidak dapat menerima materi dengan maksimal, mereka lebih menyukai pembelajaran secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh di atas berbeda dengan hasil penelitian terdahulu yang sama-sama meneliti mengenai pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar. Dimana pada penelitian terdahulu dikatakan bahwa pembelajaran jarak jauh berpengaruh besar/positif terhadap hasil belajar siswa, sedangkan pada penelitian ini pembelajaran jarak jauh berpengaruh rendah/negatif terhadap hasil belajar siswa. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Mr Januar Ramadhan | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2023 15:50 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2023 15:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/19726 |
Actions (login required)
View Item |