Veronica, Ghabrieliasebth and Fathurrohman, Maman (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5 (5). pp. 1281-1290. ISSN 2614-2155 (In Press)
Text (Artikel)
Des_GBMF_JPMI.pdf - Published Version Download (885kB) |
|
Text (Peer Review)
Des_GBMF_JPMI-rev.pdf Download (950kB) |
|
Text (Cek Plagiarism)
Des_GBMF_JPMI-cek-plag.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan siswa untuk memahami konsep sangat berhubungan dengan penalaran, komunikasi, serta keterampilan pemecahan masalah. Maka pemahaman konsep yang baik akan membantu siswa mencapai tujuan belajarnya dengan baikPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada penerepan blended learning. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Sepatan, Kab. Tangerang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, analisis data, serta tahap penyusunan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi Data Reductions (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusions (Penarikan Kesimpulan). Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan dari masing-masing indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, tidak semua indikator terpenuhi cukup baik. Pembelajaran blended learning berpengaruh baik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, hal ini dikarenakan adanya pembelajaran tatap muka dimana siswa mendapatkan penjelasan materi secara langsung. Model pembelajaran blended learning ini menjadi pembelajaran yang efektif dan efesien dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Dr Maman Fathurrohman | ||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2022 19:42 | ||||||
Last Modified: | 21 Dec 2022 19:42 | ||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/18815 |
Actions (login required)
View Item |