Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

INTRAKOMUNIKASI KELOMPOK SUPORTER BOLA DALAM MEMBENTUK KOHESIVITAS

Oktaviana, Muhammad Andre and Sihabuddin, Sihabuddin and Dimyati, Idi (2022) INTRAKOMUNIKASI KELOMPOK SUPORTER BOLA DALAM MEMBENTUK KOHESIVITAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI. MUHAMMAD ANDRE OKTAVIANA, 6662150092_FISIP_ILMU KOMUNIKASI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Andre Oktaviana. NIM. 6662150092. Skripsi. Intra Komunikasi Kelompok Suporter Bola Dalam Membentuk Kohesivitas (Studi Kasus Pada Viking Serang Banten). Pembimbing I: Prof. Dr. H. A. Sihabudin., M.Si dan Pembimbing II: Dr. Idi Dimyati, S.I.Kom, M.I.Kom Sepak bola merupakan cabang olahraga yang paling digemari oleh masyarakat di Indonesia dan hal itulah yang melatarbelakangi penelitian ini, karena peneliti juga gemar akan dunia sepak bola. Penelitian ini membahas kohesivitas kelompok suporter bola Viking Serang Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data lapangan dan data tertulis. Data lapangan yang digunakan berupa hasil wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah (1) komunikasi kelompok suporter Viking Serang Banten memiliki empat aspek. Pertama, komunikasi berlangsung sangat kompleks, maksud kompleks disini adalah komunikasi yang digunakan oleh kelompok suporter Viking Serang Banten itu lebih ke arah mementingkan kepentingan dan keutuhan kelompok sertatidak mengenal sekat dan perbedaan diantara pengurus dan anggota Viking Serang Banten. Kedua, komunikasi berjalan efektif, maksudnya komunikasi kelompok suporter Viking Serang Banten dapat dimengerti oleh para anggota kelompoknya, sehingga mereka dapat menjalankan sebuah komunikasi yang efektif. Ketiga, komunikasi mampu membangun antusiasme yang tinggi bagi para anggotanya, itu terjadi karena kelompok suporter Viking Serang Banten melakukan komunikasi dengan baik diantara pengurus dan para anggotanya. Keempat komunikasi berlangsung dengan itensitas tinggi, hal itu terjadi karena kelompok suporter Viking Serang Banten melakukan perkumpulan antara pengurus dan anggota baik ketika adanya pertandingan Persib Bandung maupun perkumpulan yang diadakan setiap minggunya. (2) Kohesivitas Kelompok Suporter Viking Serang Banten itu terdiri dari adanya kekompakan, loyalitas, dan solidaritas. Ketiga aspek tersebut memiliki peran besar dalam membentuk dan menciptakan suatu kelompok yang kohesiv. (3) Kohesivitas Suporter Viking Serang Bantendi Era Pandemi Covid-19 masih tetap berjalan meskipun dengan menerapkan prokes yang ketat agar terhidar dari virus tersebut. Hal itulah yang membuat kelompok supporter Viking Serang Banten akan semakin kompak, solid, loyal. Kata Kunci: Komunikasi Kelompok Suporter, Kohesivitas Kelompok Suporter, Viking Serang Banten ABSTRACT Muhammad Andre Oktaviana. NIM. 6662150092. Thesis. Intra-Communication of Football Supporter Groups in Forming Cohesiveness (Case Study on Viking Serang Banten). Advisor I: Prof. Dr. H. A. Sihabudin., M.Si and Advisor II: Dr. Idi Dimyati, S.I.Kom, M.I.Kom Football is the sport that is most favored by the people in Indonesia and that is the background of this research, because researchers are also fond of the world of football. This study discusses the cohesiveness of the Viking Serang Banten soccer fans group. This study uses qualitative research methods using field research methods. Sources of data in this study using field data and written data. The field data used are the results of interviews, observations, documentation studies and literature studies. The results of this study are (1) the communication of the Viking Serang Banten supporter group has four aspects. First, the communication is very complex, the complex meaning here is that the communication used by the Viking Serang Banten support group is more concerned with the interests and integrity of the group and does not recognize barriers and differences between the administrators and members of the Viking Serang Banten. Second, communication is effective, meaning that the communication of the Viking Serang Banten supporters group can be understood by the members of the group, so that they can carry out an effective communication. Third, communication is able to build high enthusiasm for its members, this is because the Viking Serang Banten support group communicates well between the board and its members. The fourth communication took place with high intensity, this happened because the Viking Serang Banten support group held an association between the management and members both during Persib Bandung matches and associations held every week. (2) The cohesiveness of the Serang Banten Viking Supporters Group consists of cohesiveness, loyalty, and solidarity. These three aspects have a big role in forming and creating a cohesive group.(3) The cohesiveness of Viking Serang Banten supporters in the Covid-19 Pandemic Era is still running, even though by implementing strict procedures to avoid the virus. That's what makes the Viking Serang Banten support group will be more compact, solid, loyal. Keywords: Supporter Group Communication, Supporter Group Cohesiveness, Viking Serang Banten

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:48
Last Modified: 19 Jul 2024 15:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15293

Actions (login required)

View Item View Item