SURTINI, CICI (2022) PENGEMBANGAN DESAIN PELATIHAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SERANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
FILE TIDAK BISA DIPECAH.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : ( 1 ) mengembangkan desain pelatihan efektif untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Serang , ( 2 ) mengetahui kelayakan desain pelatihan , dan ( 3 ) mengetahui efektivitas desain pelatihan . Pengembangan desain pada penelitian ini terdiri dari tujuh langkah utama yang diadaptasi dari model model ADDIE ( Analysis , Design . Development , Implementation , Evaluation ) , meliputi : analisis kebutuhan , pengembangan produk awal , validasi ahli , revisi produk , uji coba terbatas , uji lapangan , dan penentuan produk akhir . Produk akhir dari penelitian pengembangan adalah desain pelatihan efektif untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dasar dengan pendekatan partisipatif yang disajikan dalam bentuk buku panduan . Analisis kesenjangan kompetensi pada dimensi kewirausahaan menunjukkan bahwa kepala sekolah dasar di Kecamatan Serang membutuhkan pelatihan dengan materi unit produksi dan jasa . Hasil validasi media diperoleh nilai rata - rata 4.1 , yang artinya desain ini layak dikembangkan . Hasil validasi materi diperoleh nilai rata - rata 4.8 , yang artinya materi pada desain ini sangat layak digunakan . Tes formatif berupa pre - test dan post - test digunakan untuk mengukur efektivitas desain . Hasil uji statistik menunjukkan taraf signifikansi 0.006 untuk aspek pengetahuan dan 0.000 untuk aspek sikap yang artinya desain ini efektif meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This study aims to : ( 1 ) develop effective training designs to enhance the entrepreneurila competencies of primary school principals in Serang District , ( 2 ) determine the feasibility of training designs , and ( 3 ) determine the effectiveness of training designs . The design development in this study consists of seven main steps adapted from the ADDIE model ( Analysis , Design . Development , Implementation , Evaluation ) , includes : needs analysis , initial product development , expert validation , product revision , limited trial , field testing , and the final product determination . The final product of this development research is an effective training design to enhance the entrepreneurial competencies of primary school principals with a participatory approach presented in the form of a guidebook . Training needs analysis showed that entrepreneurial competence has the highest gap between actual and ideal conditions so that it becomes a priority for which training designs will be developed . The results of the media validation obtained an average value of 4.1 , which means that this design is feasible to be developed . The results of the material validation obtained an average value of 4.8 which means that the material in this design is suitable for use . Formative tests in the form of pre - test and post - test were used to measure the effectiveness of the design . The results of statistical tests showed a significance level for cognitive is about 0.006 and 0.000 for affective ( both under 0.05 ) which means that this design was effective in improving learning outcomes . Keywords : training design , entrepreneurial competencies , principals | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : desain pelatihan , kompetensi kewirausahaan , kepala sekolah | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2022 14:00 | |||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2022 14:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/15120 |
Actions (login required)
View Item |