Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

GUNAWAN, JAIZ (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan persepsi terhadap minat menabung di bank syariah pada mahasiswa ekonomi syariah Untirta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan ekonomi syariah untirta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stratified random sampling diperoleh sebanyak 67 Mahasiswa. Tehnik pengumpulan data menggunaka kuesioner dengan pengkuruan skala likert. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan uji pasrial (Uji t) dan uji simultan (F) dengan bantuan software IBM SPSS Statistik 23. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah religiusitas dan persepsi, sedangkan variable terikatnya adalah minat menabung. Dalam hasil perhitungan IBM SPSS Statistik 23 hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji linier berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y= 4,332 + 0,340 x1 + 0,379 x2+ e hasil tersebut menyatakan bahwa variable Religiusitas (X1) mempunyai pengaruh sebesar 0,340 terhadap minat Menabung (Y) sedangkan variabel Persepsi (X2) mempunyai pengaruh sebesar 0,379 terhadap minat menabung (Y). Dari hasil uji t nilai thitung variable religiusitas sebesar 2,330 dan variabel persepsi sebesar 3,514 dengan nilai ttabel (N=67) sebesar 1,997, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial variabel religiusitas (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat menabung (Y),dan persepsi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat menabung (Y). hasil uji F nilai Fhitung sebesar 11,995 hasil ini lebih besar dari Ftabel sebesar 3,14, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara simultan variabel Religiusitas (X1) dan Persepsi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat menabug (Y). Kemudian koefisien determinasi (R square) menunjukan bahwa religiusitas dan persepsi mempunyai pengaruh terhadap minat menabung sebesar 27,3 %, sedangkan sisanya 72,7 % dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSYIHABUDIN, SYIHABUDIN196701102002121001
Thesis advisorBADINA, TENNY198002182003122001
Additional Information: This study aims to determine the effect of religiosity and perceptions of saving interest in Islamic banks in Islamic economics students in Untirta. This study uses a quantitative approach. The population in this study were all students majoring in Islamic economics untirta. The sampling technique used in this study was Stratified random sampling obtained by 67 students. Data collection techniques using a questionnaire with Likert scale education. Data collection method uses a questionnaire method which is then analyzed by multiple linear regression analysis with pasrial test (t test) and simultaneous test (F) with the help of IBM SPSS Statistics 23 software. The independent variables in this study are religiosity and perception, while the dependent variable is interest save. In the results of the calculation of IBM SPSS Statistics 23 the results of this study indicate that the results of multiple linear tests obtained the following regression equation Y = 4.332 + 0.340 x1 + 0.379 x2 + e These results state that the Religiosity variable (X1) has an influence of 0.340 on saving interest (Y) while the Perception variable (X2) has an effect of 0.379 on saving interest (Y). From the t-test results, the t-value of the religiosity variable was 2.330 and the perception variable was 3.514 with a t-table value (N = 67) of 1.997, so it can be concluded that partially the religiosity variable (X1) has a significant influence on the variable of interest in saving (Y), and perception (X2) has a significant influence on the variable saving interest (Y). F test results Fcount of 11.995 these results are greater than Ftable of 3.14, so it can be concluded that simultaneously the variables Religiosity (X1) and Perception (X2) have a significant influence on the variable of interest (Y). Then the coefficient of determination (R square) shows that religiosity and perception have an influence on saving interest by 27.3%, while the remaining 72.7% is influenced by other variables that are unknown and not included in this study. Keywords: Religiosity, Perception, Savings Interest
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Religiusitas, Persepsi, Minat Menabung
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Sarjana Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 26 Jul 2022 14:52
Last Modified: 26 Jul 2022 14:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14801

Actions (login required)

View Item View Item