Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BAHASA JEPANG BERBASIS VIDEO PADA MATERI KANKOUCHI TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 6 SMA NEGERI 2 KOTA SERANG

RAHMAWATI, VERA (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BAHASA JEPANG BERBASIS VIDEO PADA MATERI KANKOUCHI TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 6 SMA NEGERI 2 KOTA SERANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kurang efektifnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Jepang menyebabkan nilai rata-rata hasil ulangan kenaikan kelas (UKK) peserta didik kelas X IPS 6 SMAN 2 Kota Serang yaitu 50,64 sehingga tidak sesuai dengan KKM yang ditetapkan yaitu 70. Di sini jelas terlihat bahwa diperlukannya media pembelajaran yang menarik yang memudahkan peserta didik untuk memahami materi secara gamblang. Video adalah salah satu media pembelajaran yang efektif untuk meyampaikan pesan pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan video pembelajaran yang dibuat sendiri di mana peneliti ada di dalamnya menjelaskan materi tentang kankouchi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) efektivitas pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi terhadap hasil belajar peserta didik, 2) efektivitas pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi terhadap motivasi belajar peserta didik, dan 3) efektivitas pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest, yaitu membandingkan hasil dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 6 sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring berbasis video pada materi kankouchi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji paired-t test. Hasil penelitian terhadap 30 peserta didik untuk hasil belajar diperoleh data thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 24.692 > 2.045 dan diperoleh nilai probabilitas atau signifikansi sebesar 0.000 artinya nilai P< 0.05. Hal ini menyatakan bahwa pembelajaran daring berbasis video pada materi kankouchi efektif terhadap peningkatan hasil belajar terbukti. Untuk motivasi diperoleh data pada taraf signifikansi 5%, nilai thitung > ttabel yaitu 25.292>2.045 dan nilai probabilitas sebesar 0.000 artinya nilai P<0.05. Hal ini menyatakan bahwa pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi efektif terhadap peningkatan motivasi belajar terbukti. Berdasarkan hasil uji hipotesis satu dan dua maka pembelajaran daring bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi efektif terhadap peningkatan hasil dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 6 SMA Negeri 2 Kota Serang juga terbukti. Kesimpulannya adalah pembelajaran daring dengan media video dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik. Selain itu video pembelajaran yang dibuat oleh guru langsung dapat lebih menarik minat peserta didik karena seolah-olah belajar langsung bersama di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUHERMAN, SUHERMAN195902141985031001
Thesis advisorRUSDIYANI, ISTI196402281990012001
Additional Information: The ineffective use of the learning media used in the Japanese language learning process has resulted in the mean score of grade X IPS 6 class X IPS 6 SMAN 2 Serang students being 50.64 so that it is not in accordance with the established KKM, which is 70. Here it is clear that the need for attractive learning media that makes it easier for students to understand the material clearly. Video is one of the effective learning media to convey learning messages. This research is using direct video made by the teacher. The research objectives were to determine 1) the effectiveness of video-based Japanese online learning on kankouchi material on student learning outcomes, 2) the effectiveness of video-based Japanese online learning on kankouchi material on students' learning motivation, and 3) the effectiveness of video-based Japanese online learning on kankouchi material on student learning outcomes and motivation. This study used a pre-experimental design model with one group pretest-posttest design, which compared the results and motivation of students in class XI IPS 6 before and after treatment to determine the effectiveness of online video-based learning on kankouchi material. The data analysis was done quantitatively using the paired-t test. The results of research on 30 students for learning outcomes obtained data tcount> ttable at the 5% significance level, namely 24,692> 2,045 and obtained a probability or significance value of 0.000 which means the value of P <0.05. This suggests that video-based online learning on kankouchi material is effective in improving learning outcomes. For motivation, data obtained at a significance level of 5%, the value of tcount> ttable is 25,292> 2,045 and a probability value of 0,000 means that the value of P <0.05. This suggests that video-based Japanese online learning on kankouchi material is effective in increasing learning motivation. Based on the results of hypothesis testing one and two, video-based Japanese online learning on kankouchi material is effective in increasing learning outcomes and motivation for students in class XI IPS 6 SMA Negeri 2 Serang City. The conclusion is that online learning with video media can increase student learning outcomes and motivation. In addition, learning videos made by direct teachers can attract students more because it seems as if learning directly together in class. Keywords: video, learning outcomes, learning motivation
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : video, hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Jul 2022 11:38
Last Modified: 25 Jul 2022 11:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14750

Actions (login required)

View Item View Item