Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MEDIA BLOK MAGNNET DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN TERHADAP ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL

AYU ROZALIANA, DARA (2022) PENERAPAN MEDIA BLOK MAGNNET DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN TERHADAP ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
FILE TIDAK BISA DIPECAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui data dan informasi mengenai penerapan media balok magnet dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan terhadap anak dengan hambatan intelektual kelas III SDKh di SKh Elok Asri Kota Serang . Desain yang digunakan adalah A - B - A dan metode . penelitian ini ialah kuasi eksperimen dengan subyek tunggal atau single subyek research ( SSR ) . Subyek penelitian ini adalah anak dengan hambatan intelektual . Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes membaca dengan sembilan soal , target behavior pada penelitian ini adalah membaca permulaan dengan membaca huruf bilabil yang terdiri dari huruf p , b dan m dan huruf dental yang terdiri dari huruf n , t , f . 1 , s , dan r . Data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif . Berdasarkan data dari penelitian yang telah dianalisis menunjukkan hasil yang cukup baik , dimana adanya perubahan yang lebih baik terhadap kemampuan membaca anak dibandingkan kemampuan awal anak sebelum adanya intervensi melalui media balok magnet . Hal ini dapat diketahui melalui hasil penyajian data melalui tabel disetiap fasenya dengan mean level baseline 1 ( A - 1 ) adalah 33 dan , intervensi ( B ) adalah 60,8 dan mean level untuk baseline 2 ( A - 2 ) ialah 45.8 . Hal tersebut dapat terlihat adanya peningkatan pada penelitian ini meskipun ada beberapa fase yang memiliki kecenderungan stabilitas yang tidak stabil sebab masih dibawah kriteria stabilitas data . Akan tetapi , media balok magnet ini mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak .

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMULIA, DEDI0417107906
Thesis advisorFEBRI ABADI, REZA198902072018031002
Additional Information: The purpose of this study is to find out the data and information on the application of magnetic beam media in improving the initial reading skills of children with intellectual barriers grade III SDKh in SKh Elok Asri Serang City . The design used is A - B - A and this research method is a ucius experiment with a single subject or single research subject ( SSR ) . The subject of this study was a child with intellectual barriers . Data collection is a observation and reading test with nine questions , the target behavior in this study is to read the beginning by reading bilabil letters consisting of the letters p , b and m and dental letters consisting of the letters n , t , f , 1 , s , and r . The data that has been obtained will be analyzed using descriptive statistics . Based on data from the research that has been analyzed shows quite good results , where there is a better change to the child's reading ability than the initial ability of the child before the intervention through the medium of magnetic beams . This can be known through the results of presenting data through tables in each phase with the mean baseline level 1 ( A - 1 ) being 33 and , intervention ( B ) is 60.8 and the mean level for baseline 2 ( A - 2 ) is 45.8 . This can be seen as an improvement in this study although there are several phases that have a tendency to stability that is unstable because it is still below the data stability criteria . However , this magnetic beam medium is able to improve the child's early reading skills . sm Keywords : Magnet Beam Learning Media . Startup Mambaca Skills . Children With Intellectual Barriers .
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Media Pembelajaran Balok Magnet , Keterampilan Mambaca l'ermulaan , Anak Dengan Hambatan Intelektual
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Jul 2022 10:27
Last Modified: 21 Jul 2022 10:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14641

Actions (login required)

View Item View Item