Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATA (Survei pada Followers Instagram Visitbanten.ID)

Permatasari, Laras and Framanik, Naniek Afrilla and Nesia, Andin (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATA (Survei pada Followers Instagram Visitbanten.ID). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
Skripsi Laras fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Laras Permatasari, NIM 6662170091. Skripsi Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Kunjungan Wisata (Survei pada Followers Instagram Visitbanten.ID). Pembimbing I : Dr. Naniek Afilla F, S.Sos., M.Si dan Pembimbing II : Andin Nesia, S.I.K., M.IKom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Minat Kunjungan Wisata (Survei pada Followers Instagram Visitbanten.id). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan paradigma positivisme dan tipe penelitian dengan eksplanatif sedangkan metode penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun @visitbanten yang diketahui berjumlah 16.266. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dari keseluruhan jumlah followers di akun @visitbanten menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini bahwa postingan media sosial instagram Visitbanten.id mempromosikan Pariwisata Provinsi Banten selama 8 tahun dari 11 juli 2013 sampai dengan 07 April 2021 sebanyak 2.724 postingan hal ini menunjukan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten melalui akun @visitbanten sudah melakukan langkah-langkah kegiatan promosi, minat kunjungan wisata atas Followers Instagram Visitbanten.id diperoleh deskriptif variabel sebesar 83,42% dan termasuk kedalam kategori sangat baik, tingkat pengaruh diperoleh sebesar thitung 6,339 > ttabel 1,660 dengan signifikansi < 5% hal ini berarti bahwa media sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan wisata. Kata kunci : Instagram, @visitbanten, Minat Berkunjung, Teori Uses And Effect ABSTRACT Laras Permatasari, NIM 6662170091. Thesis on the Influence of Instagram Social Media on Interest in Tourist Visits (Case Study on Instagram Followers Visitbanten.ID). Advisor I : Dr. Naniek Afilla F, S.Sos., M.Si and Advisor II : Andin Nesia, S.I.K., M.IKom. The purpose of this study was to determine the influence of Instagram social media on tourist visits interest (Case Study on Visitbanten.id Instagram Followers). This research uses a quantitative approach, with a positivism paradigm and an explanatory type of research, while the research method is a survey method. The population in this study is the followers of the @visitbanten account which is known to be 16,266. The sample in this study was 100 respondents from the total number of followers on the @visitbanten account using a random sampling technique. The results of this study show that Visitbanten.id's Instagram social media posts promoted Banten Province Tourism for 8 years from 11 July 2013 to 07 April 2021 as many as 2,724 posts. This shows that the use of Instagram social media by the Banten Provincial Tourism Office through the @visitbanten account has taken steps -Steps of promotional activities, interest in tourist visits to Instagram Followers Visitbanten.id obtained descriptive variable of 83.42% and included in the very good category, the level of influence was obtained at tcount 6,339 > ttable 1,660 with a significance < 5% this means that social media Instagram significant effect on interest in tourist visits Keywords: Instagram, @visitbanten, Interest in Visiting, Uses And Effect Theory

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:37
Last Modified: 19 Jul 2024 15:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/14442

Actions (login required)

View Item View Item